7 Tanda Kamu Tidak Bermental Kuat, Hanya Berakting Kuat

Mental yang Kuat atau Lemah? (Foto: Forbes)

Tak sedikit dari kita yang kadang menunjukkan sosok yang kuat padahal sesungguhnya tidak. Mengatakan hal seperti, “Aku tidak takut pada apapun,” atau “Aku tidak membutuhkan promosi tersebut,” tidak menjadikan kita menjadi seorang yang bermental kuat. Faktanya, perkataan tersebut bisa menjadi peluang untuk menjadikan kita hanya berakting kuat.

Berakting kuat akan memenuhi kebutuhan jangka pendek, namun ini tidak baik bagi strategi jangka panjang. Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog di Rutgers University menemukan bahwa pria yang berakting kuat akan menderita konsekuensi yang serius. Penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Health Psychology menemukan bahwa pria yang berakting kuat akan mengunjungi dokter lebih sering.

Ini 7 tanda bahwa kamu hanya berakting kuat saja:

1. Merasa tidak aman atau ragu. Saat mengatakan “I’m the best” namun dibaliknya kita masih merasa ragu terhadap kemampuan diri sendiri. 

2. Berpikir bahwa kegagalan bukanlah sebuah pilihan. Kegagalan bisa terjadi pada orang hebat sekalipun, jadi seharusnya kegagalan juga harus siap diterima sejak awal. Orang yang berakting kuat akan mengatakan bahwa ia akan sukses dan tidak mungkin gagal.
 
3. Harga diri tergantung pada bagaimana orang lain melihat dirimu. Orang yang berakting kuat cenderung peduli dengan pendapat orang lain terhadap dirinya. Sehingga ia selalu berusaha berakting baik di hadapan banyak orang. 

4. Menekan emosi. Orang yang berakting kuat berusaha untuk menekan perasaannya seperti sedih dan takut. Mereka umumnya merasa nyaman saat mengekspresikan kemarahan. 

5. Menyangkal rasa sakit. Orang yang berakting kuat membanggakan dirinya agar toleran pada rasa sakit. Mereka akan memperlakukan diri sendiri seperti mesin yang tidak mengerti rasa sakit. 

6. Berpikir bahwa dapat melakukan semua hal. Orang yang berakting kuat selalu menampilkan dirinya dapat melakukan semua hal. Mereka sering overestimate kemampuan mereka dan merendahkan kebutuhan kerja untuk mencapai tujuan tersebut. 

7. Mencoba untuk mengendalikan orang lain. Orang yang berakting kuat merasa seperti mereka berkuasa terhadap orang lain. Berbeda dengan orang yang benar-benar bermental kuat, mereka akan lebih tertarik mengontrol diri sendiri.
7 Tanda Kamu Tidak Bermental Kuat, Hanya Berakting Kuat 7 Tanda Kamu Tidak Bermental Kuat, Hanya Berakting Kuat Reviewed by Unknown on 05.34.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.