Tipe Kepribadian INFJ

INFJ (Foto: healingfromcomplextraumaandptsd)

Pilihan kepribadian INFJ

Introversion (I): INFJ cenderung tenang dan pendiam, hanya memiliki teman sedikit.

Intuition (N) : INFJ lebih memilih konsep abstrak dan cenderung fokus pada gambaran besar daripada detail yang nyata.

Feeling (F): INFJ lebih memilih perhatian personal daripada fakta obyektif saat membuat keputusan.

Judging (J): INFJ senang membuat perencanaan, mengorganisir, dan membuat keputusan secepat mungkin.


INFJ adalah seorang yang lembut, perhatian, kompleks dan memiliki intuisi yang tinggi. Mereka artistik dan kreatif, tinggal di dunia yang penuh makna dan kemungkinan. Hanya sebanyak 1% dari populasi dunia membuat orang INFJ menjadi jarang ditemui.

Orang INFJ mengeluarkan energi mereka untuk mengidentifikasi sistem terbaik untuk suatu hal dan mendefinisikan prioritas hidup mereka secara konstan. Di sisi lain, dengan mengunakan intuisinya seorang INFJ sering bersikap spontan. Mereka mengetahui sesuatu lewat instuisi, tanpa mampu tahu mengapa, dan tanpa pengetahuan yang detail terhadap sesuatu. Mereka biasanya benar dan mereka selalu tahu hal tersebut.

INFJ memiliki perasaan terhadap sesuatu dan secara intuisi mengerti tentang hal tersebut seperti memiliki hal gaib dalam dirinya dalam menilai orang dan situasi. Meskipun terkesan memiliki kemampuan gaib tapi INFJ adalah orang yang cukup hangat. INFJ memperhatikan perasaan orang lain dan mencoba untuk tidak menyakiti orang lain. Mereka sangat sensitif terhadap konflik dan tidak bisa mentoleransinya dengan baik.

Karena memiliki kemampuan intuisi yang tinggi, orang INFJ percaya pada instincts mereka daripada hal yang lain. Hal ini menyebabkan mereka menjadi keras kepala dan cenderung tidak menghiraukan pendapat orang lain. Mereka percaya bahwa mereka benar. Di sisi lain, INFJ adalah seorang perfeksionis yang ragu bahwa mereka hidup dengan potensi yang mereka miliki. Mereka memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap diri mereka dan juga sering kali melakukan hal yang sama pada keluarga mereka.

INFJ adalah pengasuh yang alami, penyabar, pengabdi, dan protektif. Mereka mencintai orang tuanya dan selalu memiliki ikatan yang kuat dengan keturunannya. Mereka memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap anak-anak mereka dan mendorong mereka untuk menjadi yang terbaik. Sedangkan di tempat kerja, INFJ biasanya terlihat berada di tempat yang mereka dapat melakukan hal yang kreatif dan independen. Mereka memiliki daya tarik alami terhadap seni, dan sering unggul dalam ilmu pengetahuan.

Ciri-Ciri Tipe  Kepribadian INFJ

a. Secara intuisi dapat mengerti orang dan situasi

b. Idealis

c. Berprinsip

d. Kompleks dan dalam

e. Pemimpin alami

f. Sensitif dan sangat perasa terhadap orang lain

g. Service-oriented

h. Berpikir ke depan/masa depan

i. Kurang bisa mengekspresikan diri

j. Mencari makna dan tujuan pada semua hal

k. Kreatif dan visioner

l. Dapat bekerja secara logis dan rasional dengan menggunakan intuisi mereka untuk mengerti tujuan

Baca Juga: Tipe Kepribadian INFJ sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

Kekuatan dan Kelemahan INFJ


Kekuatan yang dimiliki oleh orang-orang dengan kepribadian INFJ yaitu:

a. Kreatif

Kombinasi antara imajinasi dan perasaan yang kuat, INFJ menggunakan kreativitas mereka untuk menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan. Orang dengan tipe kepribadian INFJ senang menemukan solusi terbaik untuk seseorang yang mereka sayangi.

b. Berpikiran dalam

INFJ bisa melihat ketidakjujuran dan motif dari orang lain, mereka bisa membuat sebuah diskusi yang tidak jujur menjadi lebih jujur. INFJ dapat melihat bagaimana orang-orang dan kejadian saling berhubungan dan mampu menggunakan pemikiran mereka ke dalam hati.

c. Menginspirasi dan meyakinkan

INFJ bisa memiliki kemampuan menulis yang menginspirasi yang dapat menunjukkan idealism mereka pada para penonton. INFJ juga bisa menjadi orator ulung, berbicara dengan hangat dan penuh passion jika mereka bangga tentang apa yang mereka utarakan.

d. Tegas

Seorang INFJ bersikap tegas mampu melalui ide mereka dan merencanakan proyek sampai akhir. INFJ tidak hanya melihat bagaimana sesuatu harus terjadi tapi mereka beraksi lebih ke dalam.

e. Tekun dan penuh hasrat

Saat seorang INFJ percaya terhadap sesuatu itu penting mereka akan berusaha untuk mencapainya. Mereka akan berusaha dengan keras bahkan jika orang terdekat mereka menghalangi hal tersebut.

f. Mementingkan orang lain

INFJ lebih mementingkan orang lain sehingga mereka senang beraksi untuk memperbaiki sesuatu di sekitarnya sehingga dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Kelemahan dari orang-orang yang bertipe kepribadian INFJ antara lain:
a. Sensitif

Jika ada seseorang yang mengkritik atau menantang prinsip yang dianut seorang INFJ maka mereka akan merespon dengan keras. Orang dengan kepribadian INFJ cukup rapuh dalam hal menerima kritik. Mereka akan menanyakan motif orang lain dan menghakimi mereka dengan buruk.

b. Sangat Privat

Seorang INFJ cenderung untuk menunjukkan diri mereka sebagai puncak dari sebuah ide. Mereka memilih untuk menjadi privat jika itu mengenai kehidupan pribadi mereka, bahkan pada teman dekat. Mempercayai seorang teman baru bahkan bisa menjadi tantangan bagi INFJ.

c. Perfeksionis

INFJ adalah seorang idealis, menginginkan semua hal ideal walau hal tersebut kadang tidak mungkin. INFJ kadang terlalu sering tidak menghiraukan kesehatan dan hubungan dengan seseorang karena selalu percaya ada pilihan yang lebih baik.

d. Selalu membutuhkan alasan

INFJ membutuhkan alasan atau tujuan untuk melakukan suatu pekerjaan. Jika ada pekerjaan yang dilakukan tanpa tujuan yang jelas mereka akan merasa kecewa dan resah.

e. Dapat meledak dengan mudah

Passion yang mereka miliki, kurangnya kesabaran untuk rutinitas, dan cenderung ideal serta privat membuat INFJ mudah meledak atau marah. Orang dengan kepribadian ini cenderung menghabiskan tenaga mereka dalam waktu singkat jika mereka tidak menemukan cara untuk menyeimbangkan idealitas mereka dengan kenyataan sehari-hari.

Baca Juga: Tipe Kepribadian INFJ sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

Download PDF Tipe Kepribadian INFJ (versi lebih lengkap)

Tipe Kepribadian INFJ Tipe Kepribadian INFJ Reviewed by Unknown on 5:20:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.