Tipe Kepribadian INTJ

Lex Luthor (Foto: philosophiaperennisetars)

Pilihan kepribadian INTJ

Introversion (I): INTJ cenderung introvert dan memilih bekerja sendirian.

Intuition (N): INTJ melihat gambaran besar dan senang pada informasi yang abstrak daripada detail.

Thinking (T): INTJ memberikan tekanan pada logika dan obyektivitas daripada subyektivitas emosi.

Judging (J): INTJ senang dunia mereka terkontrol dengan baik jadi mereka memilih untuk membuat rencana yang matang.

INTJ hidup di dunia yang penuh ide dan rencana strategis. Mereka biasanya adalah orang-orang yang intelek, berpengetahuan, dan kompeten, memiliki standar yang tinggi. Pilihan kepribadian dominan mereka yaitu Introversion – Intuition, mereka menggunakan energi untuk mengobservasi dunia, dan menghasilkan ide dan kemungkinan-kemungkinan. Mereka dapat berpikir dalam dan selalu cepat untuk mengerti ide yang baru.

Orang-orang dengan kepribadian INTJ dapat menjadi ilmuwan yang hebat. Mereka bisa memberikan ide baru yang dapat digunakan oleh masyarakat. Namun internal mereka biasanya pribadi, dan tidak siap untuk diungkapkan pada orang lain agar dimengerti. Bagaimanapun, INTJ menyalurkan ide mereka dalam sebuah rencana atau sistem yang dapat dijelaskan.

INTJ adalah seorang pemimpin alami, meskipun mereka biasanya memilih untuk berada di belakang layar sampai mereka merasa diperlukan untuk mengambil alih kepemimpinan. Saat mereka dalam posisi menjadi pemimpin, mereka cukup efektif karena mereka mampu melihat secara obyektif atas sebuah situasi dan dapat mengubah sesuatu yang tidak bekerja dengan baik.

INTJ menghabiskan banyak waktu dalam pikiran mereka sendiri dan mungkin tidak begitu tertarik pada pikiran atau perasaan orang lain. Kecuali jika Feeling mereka berkembang, mereka mungkin akan bermasalah memberikan keintiman yang diperlukan oleh orang lain. Kecuali jika Sensing mereka berkembang, mereka mungkin akan cenderung tidak menghiraukan detail yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan sebuah ide.

Baca Juga: Tipe Kepribadian INTJ sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

Ciri-Ciri Tipe Kepribadian INTJ 

a. Dapat memahami teori kompleks

b. Tergerak untuk menciptakan struktur dari teori abstrak

c. Sangat strategis

d. Future-oriented

e. Melihat gambaran besar

f. Mencintai teori yang sulit

g. Bosan dengan rutinitas

h. Tidak sabar pada hal yang tak efisien dan membingungkan

i. Memiliki standar yang tinggi

j. Tenang dan analitis

k. Sangat logis dan rasional

l. Orisinil dan independen

m. Pemimpin alami, tapi akan mengikuti yang lain jika mereka mendukungnya

n. Kreatif, inovatif, berbakat, dan banyak akal

o. Memilih untuk bekerja sendirian

Kekuatan dan Kelemahan INTJ

Foto: pinterest.fr/shelleynmead/intj/

Kekuatan yang dimiliki orang yang berkepribadian INTJ antara lain:

a. Cepat, imajinatif, dan berpikir strategis

INTJ menggunakan setiap kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan mereka dan ini dapat menunjukkan kekuatan dan fleksibilitas pikiran strategis mereka. INTJ cenderung selalu penasaran pada hal-hal berbau intelektual. INTJ dapat melihat sesuatu dari berbagai perspektif. Sebagai orang yang imajinatif, mereka tidak menggunakannya terlalu banyak pada bidang seni, namun pada perencanaan dan kemungkinan aksi yang akan dilakukan.

b. Percaya diri yang tinggi

INTJ percaya pada rasionalitas mereka di atas egalanya. Jadi saat mereka tiba pada sebuah kesimpulan, mereka tidak punya alasan untuk meragukan apa yang telah mereka simpulkan. Saat INTJ benar, mereka benar, dan tidak ada yang mengubah fakta tersebut apakah itu berupa mengoreksi seseorang, sebuah proses, atau diri mereka sendiri.

c. Mandiri dan tegas

Kreativitas, logika, dan percaya diri bersama-sama membentuk seorang INTJ. Mereka bisa berdiri sendiri dan bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Figur pemimpin tidak akan menggoyahkan INTJ, begitu juga dengan norma sosial atau tradisi, bagaimanapun populernya hal tersebut. Jika mereka memiliki sebuah ide yang lebih bagus, INTJ akan berdiri melawan setiap orang dan berusaha untuk mengubahnya.

d. Kerja keras dan tekun

INTJ mendedikasikan diri pada pekerjaan mereka. Mereka orang yang efisien dan jika pekerjaan bertemu dengan kriteria mencapai sebuah tujuan, mereka akan menemukan cara untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

e. Terbuka

Semua rasionalisme yang dimiliki membuat orang-orang INTJ sangat intelek, terbuka untuk menerima ide-ide baru yang didukung oleh logika. Bahkan jika ide tersebut pernah dianggap salah oleh mereka sendiri. Saat diberikan kawasan yang tidak familiar seperti gaya hidup alternative, INTJ akan cenderung menerima dan mandiri menghadapi hal tersebut.

f. Mampu melakukan banyak hal

INTJ merupakan seseorang yang mampu untuk melakukan apapun yang mereka pikirkan. INTJ mampu untuk mengaplikasikan metodologi dari sebuah sistem.

Sedangkan kelemahan dari orang yang berkepribadian INTJ antara lain:

a. Arogan

Kepercayaan diri yang tinggi bisa membuat mereka menjadi arogan. Mereka terlalu percaya pada diri mereka sendiri, seperti pendapatnya sendiri, sehingga kadang menganggap remeh orang lain.

b. Suka menghakimi

Sebagai orang yang logis dan rasional, INTJ kadang menjadi suka menghakimi orang lain yang mereka anggap tidak logis dalam berpikir. Pada orang yang mereka hakimi tersebut, mereka bisa mengeluarkan mereka atau memecat mereka jika dalam INTJ dalam posisi yang bisa melakukannya.

c. Terlalu analitis

INTJ terlalu analitis dan itu kadang menjadi masalah saat berhadapan pada hal-hal yang tidak bisa dinilai dengan logika seperti hubungan antara manusia. Pikiran kritis mereka bisa mengganggu hubungan dengan orang lain dan akan membuat orang menjadi menjauh dengannya.

d. Benci dengan lingkungan yang terstruktur

Sifatnya yang terbuka dan logis membuat orang INTJ kurang bisa menerima hal-hal yang menurutnya tidak logis dalam masyarakat. Misalnya saja hukum dan peraturan yang bagi mereka kurang rasional.

e. Bingung dalam hal percintaan

Terlalu arogan dan rasional membuat INTJ sulit dalam menjalin hubungan percintaan. Memiliki hubungan jangka panjang baru dengan seseorang merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi seorang INTJ. Perlu mengerahkan tenaga mereka untuk menganalisis pasangan potensial tersebut.

Download PDF Tipe Kepribadian INTJ (Lebih Lengkap)

Tipe Kepribadian INTJ Tipe Kepribadian INTJ Reviewed by Unknown on 5:14:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.