Tipe Kepribadian ISFJ

ISFJ (Foto: preludecharacteranalysis)

Pilihan kepribadian ISFJ :

Introversion (I) : ISFJ adalah seorang introvert dan cenderung pendiam dan senang menyendiri.

Sensing (S) : ISFJ lebih berkonsentrasi pada informasi daripada teori abstrak.

Feeling (F) : ISFJ lebih menaruh perhatian pada personal daripada informasi obyektif.

Judging (J) : ISFJ adalah seorang perencana dan cenderung untuk mengorganisir dengan baik.


Orang dengan tipe kepribadian ISFJ hidup di sebuah dunia yang konkrit. Mereka adalah orang-orang dengan hati yang hangat dan baik. ISFJ menyukai keharmonisan dan kerjasama, mereka juga sangat sensitif pada perasaan orang lain.

Seorang ISFJ memiliki jiwa yang kaya, mereka biasanya mengambil informasi tentang orang dan situasi yang secara pribadi penting bagi mereka dan menyimpannya. ISFJ dapat mengingat ekspresi orang saat berbicara atau detail pembicaraan dengan seseorang jika situasi tersebut membuat mereka tertarik.

Orang-orang ISFJ mempunyai ide yang jelas tentang apa yang seharusnya, mereka akan mencoba untuk mencapai hal tersebut. Selain baik hati, orang-orang ISFJ menghargai tradisi dan hukum. Mereka cenderung percaya pada sistem yang sudah ada. Mereka belajar lebih baik dengan cara melakukan langsung daripada lewat membaca sebuah buku atau mengaplikasikan teori.

Melebihi tipe kepribadian yang lainnya, ISFJ sangat peduli terhadap perasaan internal mereka sendiri begitu juga dengan perasaan orang lain. Mereka biasanya tidak mengekspresikan perasaan mereka langsung, dan menyimpannya di dalam hati. Jika mereka memiliki perasaan yang negatif terhadap sesuatu maka mereka akan membangun perasaan tersebut sampai mereka menghakiminya secara individual dan itu sulit untuk diubah.

Kepribadian ISFJ memiliki perasaan tanggung jawab yang besar begitu juga terhadap kewajiban. Mereka serius saat bertanggung jawab, dan karena ini orang-orang secara alami cenderung bergantung pada orang-orang dengan tipe ISFJ. Dalam melakukan tindakan si ISFJ membutuhkan feedback yang positif, jika tidak atau bahkan mendapatkan kritik maka mereka akan merasa berkecil hati atau bahkan depresi.

Ciri-Ciri Tipe Kepribadian ISFJ 

a. Kaya informasi yang disimpan di dalam

b. Peduli pada perasaan dan reaksi orang lain

c. Memiliki memori yang baik pada detail yang dirasa penting bagi mereka

d. Dapat dipercaya untuk mengikuti sesuatu dan menyelesaikannya

e. Akan bekerja lama dan keras

f. Stabil, rendah hati, tidak suka bekerja dengan teori dan pemikiran abstrak

g. Tidak suka melakukan sesuatu yang kurang berarti bagi mereka

h. Membutuhkan keamanan, tradisi, dan hidup yang damai

i. Service-oriented, fokus pada apa yang orang-orang butuhkan dan inginkan

j. Baik hati dan penuh perhatian

k. Cenderung lebih mementingkan orang lain daripada diri sendiri

l. Tidak nyaman dengan konflik dan konfrontasi

Baca Juga: Tipe Kepribadian ISFJ dalam Hubungan Percintaan


Pilihan Pekerjaan untuk ISFJ

Berdasarkan tipe kepribadiannya, pekerjaan-pekerjaan berikut ini cocok atau menjadi pekerjaan favorit untuk orang dengan kepribadian ISFJ:

a. Pekerja sosial

b. Perawat

c. Penyedia jasa penitipan anak

d. Administrator

e. Guru

f. Pegawai bank

g. Akuntan

Kekuatan dan Kelemahan ISFJ

Kekuatan yang dimiliki tipe kepribadian ISFJ antara lain:

a. Senang mendukung orang lain

ISFJ senang membantu, berbagi pengetahuan, pengalaman, waktu dan energi mereka dengan orang lain yang membutuhkan. Orang dengan kepribadian ISFJ lebih memilih situasi win-win, lebih memilih empati dari pada penghakiman jika itu mungkin.

b. Dapat diandalkan dan sabar

ISFJ tidak bekerja secara sporadis dan meninggalkan pekerjaan di tengah jalan. ISFJ lebih berhati-hati, dan melakukan pendekatan terus-menerus untuk menyelesaikan pekerjaan dan mencapai tujuan mereka. ISFJ akan bekerja sampai hasilnya memenuhi standar atau lebih dari standar yang ditentukan.

c. Imajinatif dan senang memperhatikan

ISFJ sangat imajinatif dan senang memperhatikan perasaan orang lain. Karena sikap mereka yang rendah hati, imajinasi mereka biasanya praktis, meskipun mereka menemukan sesuatu yang sangat menarik dan menginspirasi.

d. Antusias

Saat tujuan sudah ditetapkan, ISFJ akan mendukung dengan penuh, tanggung jawab, dan mencoba untuk membuat perubahan untuk kehidupan orang-orang apakah itu melawan kemiskinan atau membuat hari khusus untuk bekerja bakti.

e. Loyal dan pekerja keras

Rasa antusias akan berubah menjadi loyalitas seiring berjalannya waktu. Mereka mendedikasikan dirinya pada tujuan yang ditetapkan dan akan bekerja keras untuk memenuhi harapan yang diinginkan.

f. Memiliki kemampuan praktik yang baik

Orang-orang ISFJ memiliki kemampuan melakukan sesuatu secara nyata dengan lebih mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri. Mereka dapat melihat keindahan dan harmoni yang mereka ciptakan karena mereka tahu bahwa itu bisa membantu mereka untuk mendukung keluarga, teman, dan siapapun yang membutuhkan.

Sedangkan kelemahan yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian ISFJ antara lain:

a. Rendah hati dan pemalu

Rendah hati memang sifat yang baik namun jika terlalu merendahkan diri maka mereka tidak bisa mendapatkan perhatian dari orang banyak apalagi ditambah dengan sifat yang pemalu. Mereka tidak suka menonjolkan diri mereka bahkan saat berbuat baik pada orang lain. Mereka juga memiliki standar yang cukup tinggi jadi membantu orang walaupun bagi yang lain bisa menjadi pekerjaan besar bagi orang ISFJ akan menjadi pekerjaan yang biasa saja.

b. Terlalu membuat semua hal menjadi terlalu personal

ISFJ kesulitan memisahkan hal pribadi dan hal yang bukan. Di banyak situasi mereka kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain secara profesional karena masalah kerja bisa mereka bawa ke masalah personal.

c. Menekan perasaan mereka

Orang-orang dengan kepribadian ISFJ sangat privat dan sensitive. Mereka cenderung menyimpan perasaan mereka dan sulit untuk mengungkapkannya. Perasaan negatif yang disimpan bisa membuat mereka menjadi stress dan frustasi.

d. Memforsir diri sendiri

Standar yang tinggi membuat orang-orang ISFJ sering bekerja terlalu keras untuk memenuhi standar yang mereka tetapkan. Mereka kadang terlalu keras dalam berjuang sehingga dapat berakibat kurang baik untuk diri mereka sendiri.

e. Enggan untuk berubah

Orang ISFJ menghargai tradisi dan sejarah sehingga sulit untuk berubah ke cara atau gaya hidup yang baru.

f. Terlalu mementingkan orang lain

ISFJ terlalu mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri. Hal tersebut bisa baik untuk beberapa situasi namun bisa menyerang diri mereka sendiri. Mereka sulit menolak permintaan orang lain walaupun hal tersebut kadang menyulitkan diri mereka sendiri.

Bagi yang ingin mengunduh versi PDF(lebih lengkap): Download PDF Tipe Kepribadian ISFJ.

Tipe Kepribadian ISFJ Tipe Kepribadian ISFJ Reviewed by Unknown on 5:29:00 PM Rating: 5

7 comments:

  1. saya seorang isfj, dan 100% setuju dengan penjelasan diatas

    ReplyDelete
  2. iqvanny zubaidi
    ane isfj
    pemalu
    sulit menolak permintaan orang.
    Perasaan negatif yang disimpan bisa membuat mereka menjadi stress dan frustasi
    90% setubuh

    ReplyDelete
  3. Pertama kali ikut tes MBTI hasilnya ISFP saat dites untuk kedua kalinya menjadi ISFJ. Dan merasa jauh lebih tepat dengan apa adanya saya.

    ReplyDelete
  4. Hasil tesnya sy banget, thanks
    Tes nya membantu sy banget

    ReplyDelete

Powered by Blogger.