Tipe Kepribadian ISTP

ISTP (Foto: Despair)

Pilihan kepribadian ISTP

Introversion (I): ISTP cenderung lebih pendiam dan suka menyendiri

Sensing (S): ISTP lebih menyukai informasi yang konkrit daripada informasi yang abstrak atau konsep teori.

Thinking (T): ISTP membuat keputusan berdasarkan logika daripada emosi personal.

Perceiving (P): ISTP cenderung tidak merencanakan sesuatu dan membiarkan pilihan tetap terbuka.

Orang dengan kepribadian ISTP memiliki kemampuan untuk mengerti bagaimana sesuatu bekerja. Mereka bagus dalam analisis logis dan senang menggunakannya dengan mempraktekkan langsung. Meskipun mereka tidak suka dengan konsep dan teori, namun mereka dapat melihat aplikasinya.

ISTP memiliki jiwa petualang, mereka tertarik dengan sepeda motor, pesawat terbang, surfing, dan sejenisnya. Mereka berkembang melalui aksi dan biasanya pemberani. Mereka juga mandiri dan membutuhkan tempat untuk membuat keputusan sendiri. Mereka tidak percaya atau mengikuti aturan yang dapat menghambat kemampuan mereka untuk melakukan hal yang mereka sukai.
ISTP merupakan orang yang action-oriented, mereka senang melakukan sesuatu. Mereka bukan tipe orang yang duduk di belakang meja sepanjang hari dan melakukan perencanaan jangka panjang. Orang ISTP fokus pada detail dan praktek akan suatu hal.

Orang berkepribadian ISTP membuat penilaian berdasarkan nilai personal, mereka merasa penilaian dan keputusan harus dibuat terpisah. Mereka tidak secara alami merasakan bagaimana tindakan mereka berakibat pada orang lain. Mereka tidak menaruh perhatian pada perasaan mereka sendiri dan kadang mencoba untuk mengabaikannya. Seorang ISTP yang terlalu stress akan mudah meledak atau marah.

ISTP sendiri sangat bagus dalam situasi krisis. Mereka biasanya atlit yang baik dan memiliki koodinasi hand-eye yang sangat baik. Mereka biasanya tidak membuat banyak masalah di sekolah karena mereka introvert yang dapat berpikir secara logis. ISTP memiliki sifat optimis, loyal pada sesama, dan dapat dipercaya.

Ciri-Ciri Tipe Kepribadian ISTP

a. Tertarik pada bagaimana dan mengapa sesuatu bekerja

b. Memiliki kemampuan sangat baik dalam mengaplikasikan logika dan alasan untuk menyelesaikan masalah atau menemukan bagaiama sesuatu bekerja

c. Belajar paling baik dengan langsung mengerjakan

d. Action-oriented
e. Fokus hidup di masa sekarang daripada masa depan

f. Menyukai selingan dan pengalaman baru

g. Praktis dan realistis

h. Result-oriented

i. Easy-going

j. Pengambil risiko

k. Mandiri dan tekun

l. Cukup percaya diri

Kekuatan dan Kelemahan ISTP

Kekuatan yang dimiliki oleh orang yang berkepribadian ISTP antara lain:

a. Optimis dan enerjik

ISTP selalu melakukan beberapa proyek. Mereka enerjik dan bersenang-senang dengan pekerjaannya. Orang dengan tipe ISTP terutama yang tegas akan jarang mengalami stress.

b. Kreatif dan senang mempraktekkans sesuatu

ISTP sangat imajinatif saat mengerjakan sesuatu, seperti kerajinan tangan dan mekanik. Mereka senang menggunakan tangan mereka untuk beraksi.

c. Spontan dan rasional

Gabungan antara spontan dan logis, ISTP dapat memindah pikiran mereka ke situasi yang baru dengan sedikit usaha. Mereka menjadi individu yang fleksibel dan serbaguna.

d. Tahu bagaimana memprioritaskan

Meskipun spontan, ISTP bisa memprioritaskan sesuatu. Mereka akan mengeluarkan energi mereka untuk yang paling banyak dibutuhkan.

e. Bagus dan krisis

Dengan kreativitas yang dimiliki, ISTP secara alami bisa menghadapi masalah krisis. Mereka juga senang mengambil risiko fisik seperti tidak takut kotor saat memang dibutuhkan.

f. Rileks

ISTP cukup rileks menghadapi kehidupan, membiarkan semuanya berjalan apa adanya. Mereka menolak untuk khawatir terlalu banyak tentang masa depan.

Sedangkan kelemahan yang dimiliki orang dengan kepribadian ISTP antara lain:

a. Keras kepala

Seperti mereka mudah membiarkan semua berjalan apa adanya, mereka juga tidak menghiraukan secara keseluruhan. Jika seseorang mencoba mengubah kebiasaan atau gaya hidup dari ISTP maka mereka akan menjadi tidak terima dan jengkel.

b. Tidak sensitif

ISTP menggunakan logika bahkan saat mereka mencoba mendekati seseorang dengan empati dan emosi.

c. Private dan menyendiri

ISTP senang menyendiri, membiarkan masalah mereka disimpan untuk mereka sendiri dan sering memiliki diam atau berbicara sedikit.

d. Mudah bosan

ISTP mudah bosan dengan sesuatu yang membutuhkan fokus dalam jangka lama. Mereka suka berpindah ke hal yang baru dan lebih menarik.

e. Tidak menyukai komitmen

ISTP tidak menyukai komitmen untuk jangka panjang. Mereka lebih menyukai mengerjakan satu per satu dan terkungkung dalam satu komitmen membuat mereka tertekan. Ini bisa menjadi tantangan saat akan berhubungan dengan orang lain.

f. Senang dengan perilaku yang berisiko

ISTP kadang senang mendekati perilaku yang berisiko dan membahayakan. Itu dilakukan kadang untuk sekedar tahu sejauh mana itu akan terjadi.

Download versi PDF Tipe Kepribadian ISTP (lebih lengkap)


Tipe Kepribadian ISTP Tipe Kepribadian ISTP Reviewed by Unknown on 5:37:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.