Anda Seorang Pemilih Saat Makan (Picky Eater)? Awas Gangguan Makan

Picky Eater Atau Gangguan Makan? (Foto: Cafemom)
Jika kita memiliki anak kecil, maka mereka kebanyakan "picky eater". Ada anak yang hanya senang makan mi dan ayam goreng saja, sedangkan makanan lainnya ia tak begitu suka. Kebanyakan anak kecil memang menampilkan neophobia(takut pada sesuatu yang baru, termasuk makanan yang tidak familiar). Namun saat menua, kebanyakan kita akan menghilangkan tahapan memilih-milih makanan.

Nah, ada sebagian orang yang saat tua masih saja memilih-milih makanan. Mereka misalnya menghindari makan ikan padahal mereka tidak alergi. Selera makanan masing-masing orang boleh-boleh saja berbeda. Memilih makanan tertentu untuk dimakan juga sah-sah saja, asalkan orang tersebut masih dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalori tubuh mereka.

Jika sikap seseorang dalam memilih-milih makanan masih tergolong baru, maka itu bisa jadi suatu gangguan makan yang disebut Avoidant-Restrictive Food Intake Disorder (ARFID). ARFID merupakan jenis gangguan makan yang berupa memilih makanan sampai menimbulkan kesulitan untuk mendapatkan nutrisi dan/kalori kalori yang dibutuhkan tubuh. Gangguan ini akan menghasilkan masalah mendapatkan atau menjaga berat badan ideal sesuai dengan tinggi mereka. Penderita ARFID biasanya juga mengalami gangguan kekurangan nutrisi.

ARFID berbeda dari anorexia nervosa walaupun memiliki beberapa kesamaan. Pada anorexia nervosa, penderitanya akan membatasi diri dalam jumlah makanan yang dikonsumsi. Kedua gangguan makan itu bisa menyebabkan berkurangnya berat badan sehingga tidak mampu mendapatkan berat badan ideal yang sehat.

Beberapa ciri penderita ARFID antara lain:

1. Melewatkan waktu makan, mengambil makanan sedikit, tidak makan di depan orang lain, dan/atau mencampur makanan dengan kombinasi yang aneh.

2. Banyak mengunyah dan meludah.

3. Berbelanja dan memasak untuk keluarga tapi tidak memakannya.

4. Selalu memiliki alasan untuk tidak makan.

5. Menjadi jijik dengan makanan favorit mereka sebelumnya.

6. Hanya makan makanan yang “aman”.

7. Menjadi vegetarian tapi tidak makan lemak, minyak, gandum utuh, dan buah/sayur yang padat.

8. Kehilangan berat badan atau mencoba mengurangi berat badan.

9. Sangat takut bertambah berat badan dan obesitas.

10. Terobsesi dengan ukuran baju.

11. Komplain bahwa dirinya gemuk padahal tidak gemuk sama sekali.

12. Menghabiskan waktu untuk menginspeksi diri sendiri di kaca dan selalu menemukan sesuatu untuk dikritik.

Jika Anda sendiri, atau orang di sekitar Anda menunjukkan ciri-ciri penderita ARFID maka harus segera ditangani. Mintalah bantuan ahli agar gangguan yang diderita dapat disembuhkan sehingga tidak sampai menjadi parah dan mengganggu kesehatan tubuh.
Anda Seorang Pemilih Saat Makan (Picky Eater)? Awas Gangguan Makan  Anda Seorang Pemilih Saat Makan (Picky Eater)? Awas Gangguan Makan Reviewed by Unknown on 8:08:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.