Tipe Kepribadian ENFJ

ENFJ (Foto: Devianart)

Pilihan Kepribadian ENFJ 


Extraversion (E): ENFJ merupakan pribadi yang senang berteman dengan banyak orang. Mereka akan merasa lebih bertenaga saat berkumpul dengan orang banyak.

Intuitive (N): ENFJ cenderung lebih memikirkan masa depan daripada masa sekarang. Mereka lebih fokus pada gambaran besar daripada detail.

Feeling (F): ENFJ lebih menggunakan perasaan mereka saat akan membuat suatu keputusan.

Judging (J): ENFJ senang pada hal-hal yang terstruktur dan terorganisir dengan baik.

ENFJ merupakan orang yang mengerti dan peduli pada orang lain, mereka memiliki kemampuan spesial untuk memberikan yang terbaik pada orang lain. Ketertarikan utama ENFJ adalah memberikan cinta, dukungan, dan waktu yang baik bagi orang lain. Mereka fokus untuk memahami, mendukung, dan mendorong orang lain. Membuat orang lain mendapatkan sesuatu merupakan kepuasan tersendiri bagi orang ENFJ.

Kemampuan ENFJ tidak biasa, mereka memiliki kemampuan membuat orang melakukan apa yang mereka ingin lakukan. Motif mereka biasanya tidak untuk keuntungan mereka sendiri dalam memanipulasi orang lain. Mereka seperti berada di bawah kulit orang lain dan mendapatkan reaksi yang mereka cari.
ENFJ sangat fokus pada eksternal dan ini penting bagi mereka untuk menghabiskan waktu sendirian. Ini dapat menjadi masalah bagi sebagian ENFJ karena mereka cenderung keras pada diri mereka sendiri dan akan berpikir buruk saat sendirian. Konsekuensinya ENFJ mungkin akan menghindari untuk sendirian dan memenuhi keseharian mereka dengan aktivitas bersama orang lain. ENFJ cenderung untuk mendefinisikan arah hidup mereka berdasarkan kebutuhan orang lain dan mungkin tidak peduli pada kebutuhan mereka sendiri.

ENFJ sangat ekspresif dan terbuka namun lebih fokus pada merespon dan mendukung orang lain. Mereka biasanya akan lebih mementingkan kebutuhan orang lain daripada nilai atau kepercayaan yang mereka pegang. Orang ENFJ biasanya akan merasa sendirian walaupun mereka dikelilingi banyak orang. Perasaan kesendirian tersebut bisa terjadi karena mereka cenderung tidak menunjukkan diri mereka sebenarnya.

Orang-orang menyukai ENFJ karena mereka dapat mengerti dan mencintai orang lain. Mereka biasanya sangat langsung dan jujur serta memiliki kepercayaan diri dan kemampuan melakukan banyak hal berbeda. Mereka secara umum penuh dengan potensi, enerjik, dan cepat. Mereka biasanya akan bagus dalam melakukan apapun yang mereka sukai.

Ciri-Ciri Tipe Kepribadian ENFJ


1. Hangat pada orang lain

2. Mengerti perasaan orang lain

3. Menyukai struktur dan organisasi

4. Menghargai keharmonisan dan pandai menciptakannya

5. Tidak menyukai logika dan analisis impersonal

6. Memiliki kemampuan organisasional yang kuat

7. Loyal dan jujur

8. Kreatif dan imajinatif

9. Senang dengan tantangan baru

10. Mendapatkan kepuasan saat membantu orang lain

11. Sensitif pada kritik

12. Membutuhkan pengakuan dari orang lain untuk merasa lebih baik

Baca Juga: Tipe Kepribadian ENFJ sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

Kekuatan dan Kelemahan ENFJ


Kekuatan-kekuatan yang dimiliki oleh orang yang memiliki kepribadian ENFJ antara lain:

1. Toleran

ENFJ adalah pemain tim yang sejati dan mereka menyadari bahwa mereka harus mendengarkan opini orang lain bahkan jika opini tersebut jauh berbeda dari mereka. Mereka mengakui bahwa mereka tidak mengetahui semua hal dan sering menerima perbedaan pendapat selama hal tersebut dapat membangun.

2. Dapat diandalkan

ENFJ hampir selalu dapat diandalkan dalam berbagai hal. Mereka merupakan orang-orang yang bisa dipercaya oleh orang lain.

3. Berkharisma

Orang ENFJ memiliki kharisma yang kuat. Mereka tahu bagaimana untuk menarik perhatian penonton dan memberikan motivasi. Mereka juga pandai meniru dan mampu mengubah cara bicara dan perilaku sesuai yang dibutuhkan oleh penonton namun tetap memegang pendapat mereka.

4. Mementingkan orang lain

ENFJ lebih mementingkan orang lain daripada dirinya sendiri. ENFJ percaya bahwa jika mereka dapat membuat orang-orang bersama maka mereka akan membuat kebaikan.

5. Pemimpin alami

Mereka tidak mencari kekuasaan untuk diri mereka sendiri, namun lebih sering menjadi pemimpin karena permintaan orang lain. Hal tersebut karena mereka seorang pemimpin alami yang dikagumi banyak orang karena kepribadian yang kuat dan visi yang positif.

Kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh orang yang berkepribadian ENFJ antara lain:

1. Terlalu idealis

Orang dengan kepribadian ENFJ terlalu idealis. Mereka kurang bisa menerima perlawanan atau kesalahpahaman. Jika tertekan karena hal tersebut maka mereka bisa menjadi kecewa dan marah.

2. Terlalu selfless

ENFJ senang membantu orang lain, memenuhi kebutuhan orang lain, dan jika berlebihan maka dapat membuat diri mereka sendiri tidak diperhatikan. Mereka bahkan bisa membuat masalah orang lain menjadi masalah mereka.

3. Terlalu sensitif

Saat menerima kritik maka ENFJ akan mudah tersakiti. Masalah orang lain bisa menjadi maslah mereka dan mereka mencoba memperbaiki sesuatu yang tak bisa mereka perbaiki.

4. Harga diri yang fluktuatif

Orang ENFJ ingin untuk membangun idealisme mereka dan kadang khawatir apakah mereka bisa melakukan yang lebih baik. jika mereka gagal untuk mencapai tujuan atau membantu seseorang yang memang akan dibantu maka kepercayaan diri mereka bisa jatuh.

5. Sulit membuat keputusan yang tegas

Jika mereka dapat dihadapi oleh dua hal yang sulit, mereka akan mulai berimajinasi tentang risiko atau konsekuensi yang akan terjadi dari aksi mereka.

Baca Juga: Tipe Kepribadian ENFJ sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman
Tipe Kepribadian ENFJ Tipe Kepribadian ENFJ Reviewed by Unknown on 3:04:00 PM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.