Tipe Kepribadian ENFP

ENFP (Foto: infpsoul)

Pilihan kepribadian ENFP

Extraversion (E): ENFP senang berteman dengan banyak orang dan berbagi waktu dengan mereka (tapi ENFP tetap membutuhkan waktu sendirian).

Intuition (N): ENFP cenderung berpikir pada gambaran besar daripada detail.

Feeling (F): ENFP lebih banyak dipengaruhi oleh perasaan mereka daripada informasi obyektif.

Perceiving (P): ENFP cenderung membuat pilihan tetap terbuka dan merasa terbatasi dengan struktur dan rencana.

Orang ENFP merupakan orang yang hangat, antusias, dan tipikal sangat cerah dan penuh dengan potensi. Mereka hidup di dunia yang penuh dengan kemungkinan dan dapat menjadi sangat tergerak dan tertarik pada suatu hal. Antusiasme yang mereka miliki membuat mereka memiliki kemampuan untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain, melebihi tipe kepribadian lainnya. Mereka mencitai kehidupan, melihatnya sebagai sebuah anugrah yang spesial dan berjuang untuk menjalaninya.

Orang dengan kepribadian ENFP juga memiliki kemampuan dan talenta dalam bidang yang luas. Mereka bagus dalam banyak hal yang membuat mereka tertarik. Project-oriented, mereka akan melalui beberapa karir yang berbeda dalam hidup mereka. Jika dilihat dari luar mereka tampak tanpa arah dan tanpa tujuan yang jelas, namun orang ENFP sesungguhnya cukup konsisten. Mereka memiliki perasaan yang kuat terhadap nilai kehidupan yang mereka jalani. Semua hal yang mereka lakukan harus sejalan dengan nilai kehidupan yang mereka yakini. Seorang ENFP perlu merasakan bahwa mereka hidup sebagai diri mereka sendiri, berjalan pada apa yang mereka percaya sebagai kebenaran. Mereka melihat arti dari semua hal dan terus menjalaninya untuk mencapai kedamaian jiwa.

Tidak seperti kepribadian Extraversion lainnya, mereka membutuhkan waktu untuk sendirian untuk merenungkan bahwa apa yang mereka jalani sesuai dengan nilai mereka. Namun mereka juga benar-benar hangat dan tertarik pada orang-orang. Mereka menempatkan hubungan dengan orang lain adalah yang cukup penting.

Seorang ENFP kadang membuat penghakiman yang keliru. Mereka memang memiliki kemampuan intuisi yang baik untuk melihat kebenaran tentang seseorang atau situasi, tapi jika mereka membuat penghakiman tersebut pada persepsi mereka maka mereka mungkin akan mendapatkan kesimpulan yang salah. Memiliki orang tua yang berkepribadian ENFP akan penuh pengalaman, tapi akan menjadi masalah jika anak mereka cenderung kuat di Sensing dan Judging. Mereka akan melihat orang tua mereka tidak konsisten dan sulit untuk dimengerti.

Baca Juga: Tipe Kepribadian ENFP sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

Ciri-Ciri Tipe Kepribadian ENFP

1. Ceria dan memiliki kemampuan

2. Hangat

3. Memiliki intuisi dan persepsi tentang orang-orang

4. Mampu untuk berhubungan dengan orang lain

5. Service oriented, senang menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi

6. Future-oriented

7. Tidak senang melakukan pekerjaan rutin

8. Butuh apresiasi dari orang lain

9. Bersahabat dan kooperatif

10. Kreatif dan enerjik

11. Memiliki kemampuan komunikasi verbal dan tulis yang baik

12. Pemimpin alami tapi tidak suka mengontrol orang lain

13. Tidak senang dikontrol oleh orang lain

14. Dapat bekerja secara logis dan rasional, menggunakan intuisi dan pengertian mereka

15. Mampu memahami konsep dan teori yang sulit

Kekuatan dan Kelemahan ENFP

Kekuatan yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian ENFP antara lain:

1. Penasaran

Saat datang sebuah ide baru, ENFP akan pergi keluar dan mencoba pengalaman baru. Mereka tidak takut keluar dari zona nyaman mereka. ENFP adalah seorang yang imajinatif, berpikiran terbuaka, melihat semua hal sebagai bagian dari puzzle misterius yang disebut kehidupan.

2. Suka mengobservasi

ENFP percaya bahwa tidak ada aksi yang tidak relevan, mereka memperhatikan sentimen, gerakan dan ide sebagai bagian dari hal yang lebih besar. Untuk memuaskan rasa penasaran ENDP mencoba memperhatikan semua hal tersebut.

3. Enerjik dan Antusias

ENFP biasanya tidak akan menahan perkataan mereka. Mereka akan mengungkapkan ketertarikan atas apa yang mereka temukan dan membaginya pada setiap orang. Ini membuat mereka mendapatkan lebih banyak koneksi sosial dan mendapatkan informasi baru.

4. Ahli komunikasi

ENFP memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Mereka sangat menikmati obrolan baik itu yang santai ataupun yang dalam.

5. Tahu bagaimana untuk rileks

ENFP secara alami tahu bagaimana untuk bersenang-senang dan menikmati hidup. Mereka kadang-kadang membutuhkan waktu untuk santai dan melakukan hal yang menyenangkan.

6. Populer dan bersahabat

Kemampuan adaptasi yang dimiliki dan spontanitas mereka membuat mereka menjadi orang yang mudah didekati dan dapat diajak bekerja sama. Mereka juga sangat bersahabat dengan orang lain.

Kelemahan yang dimiliki orang yang berkepribadian ENFP antara lain:

1. Kurang kemampuan praktikal

Saat waktunya untuk mengeksekusi ide dan memulai proyek maka orang ENFP kurang bisa melakukan dengan baik. Tanpa bantuan orang lain yang mendorong mereka untuk menyelesaikanya maka ide dari ENFP hanya akan menjadi ide saja.

2. Sulit untuk fokus

ENFP adalah petualang dalam hubungan antar-manusia dan filosofi, namun hal tersebut bisa berbalik menyerang mereka. Mereka sulit untuk fokus pada satu hal dan rutin melakukannya.

3. Berpikir berlebihan

Orang ENFP tidak melihat sesuatu dari permukaannya saja, mereka melihat motif di baliknya dan bahkan pada hal yang simple. ENFP kadang terlalu berlebihan dalam berpikir sampai kesulitan tidur hanya bertanya-tanya mengapa seseorang melakukan apa yang mereka lakukan, apa artinya dan apa yang harus dilakukan.

4. Mudah stress

Selain berpikir berlebihan, orang ENFP juga cenderung lebih mudah stress. Mereka sangat sensitif dan memiliki perhatian dalam terhadap perasaan orang lain.

5. Emosi tinggi

Saat di bawah tekanan, kritik, dan konflik, ENFP dapat keluar amarahnya. Mereka sulit mengendalikan emosi mereka saat tertekan.

6. Independen dalam kesalahan

ENFP ingin terlihat mandiri akan kehidupan yang mereka jalani. Mereka akan menumpahkan kesalahan pada diri mereka sendiri. Tantangan bagi ENFP adalah mereka hidup di dunia yang “checks and balances”, sesuatu yang tidak mereka senangi.

Baca Juga: Tipe Kepribadian ENFP sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

Sila Unduh/Download versi PDF(lebih lengkap) di sini.

Tipe Kepribadian ENFP Tipe Kepribadian ENFP Reviewed by Unknown on 5:50:00 AM Rating: 5

4 comments:

  1. Pernah ikut tes waktu itu kepribadianku infp terus waktu disini jadi enfp ,dua duanya menurutku sebagian besar ada diaku, jadi bingung sebennarnya aku tipe orang yg seperti apa? Aku ambivert sih ngk terlalu introvet atau extrovet

    ReplyDelete
  2. "1. Kurang kemampuan praktikal

    Saat waktunya untuk mengeksekusi ide dan memulai proyek maka orang ENFP kurang bisa melakukan dengan baik. Tanpa bantuan orang lain yang mendorong mereka untuk menyelesaikanya maka ide dari ENFP hanya akan menjadi ide saja."

    Kenapa ini sangat benar, saya penuh dengan ide tapi ketika ingin mengerjakan malah bingung, tapi sebenrnya bisa cuman kurang fokus

    ReplyDelete

Powered by Blogger.