Tipe Kepribadian ENTJ

ENTJ (Foto: Heroesandvillainsofmbti)

Pilihan Kepribadian ENTJ

Extraversion (E): ENTJ senang memiliki banyak teman dan berkumpul dengan banyak orang. Mereka memiliki kemampuan verbal yang baik di depan orang lain.

Intuition (I): ENTJ lebih memilih berpikir untuk masa depan daripada saat ini. Mereka lebih tertarik pada sesuatu yang abstrak dan teoritis daripada berkonsentrasi pada detail.

Thinking (T): ENTJ cenderung menggunakan pikiran mereka saat memutuskan sesuatu. Mereka menggunakan sudut pandang yang obyektif dan informasi logis.

Judging (J): ENTJ senang merencanakan sesuatu, mereka lebih nyaman pada sesuatu yang sudah terencana dan terstruktur.

ENTJ merupakan seorang pemimpin alami sejak lahir. Mereka hidup di dunia yang penuh tantangan. Mereka tergerak untuk menjadi pemimpin melalui kemampuan mereka untuk menyerap informasi impersonal dan kecepatan mereka dalam menilai sesuatu.

ENTJ merupakan orang yang fokus pada karir dan cocok pada dunia perusahaan. Mereka secara konstan melakukan scanning pada lingkungan mereka untuk mencari potensi masalah yang akan mereka berikan solusinya. ENTJ biasanya sukses dalam dunia bisnis karena mereka memang tergerak untuk menjadi pemimpin. Mereka tidak kenal lelah dalam bekerja dan mencapai tujuan organisasi.


ENTJ tidak senang melihat kesalahan yang dilakukan berulang dan mereka tidak sabar pada hal yang tidak efisien. Mereka akan menjadi cukup keras saat situasi tersebut, kurang bisa memahami perasaan orang lain dan mereka tidak percaya bahwa sebuah keputusan harus berdasarkan perasaan orang lain. ENTJ juga memiliki kesulitan untuk melihat sesuatu yang di luar perspektif mereka. Karakter mereka yang kurang peduli membuat ENTJ malah lebih sering mendesak, mengintimidasi dan menindas orang lain. Di dalam kehidupan pribadi, ini bisa membuat sebagian ENTJ menindas pasangan atau orang tua mereka.

ENTJ merupakan pribadi yang sangat tegas. Mereka membuat keputusan dengan cepat dan cepat mengutarakan opini dan keputusan mereka. Orang ENTJ yang tidak mengembangkan intuisi mereka akan membuat keputusan terlalu tergesa-gesa tanpa mengerti tentang keseluruhan permasalahan dan solusi apa saja yang mungkin. Di sisi lain, orang ENTJ yang tidak mengembangkan Thinking mereka akan kesulitan mengaplikasikan logika dan sering membuat keputusan yang kurang tepat.

Meskipun ENTJ tidak secara alami dapat memahami perasaan orang lain namun secara pribadi mereka malah sering memiliki sifat sentimental. Mereka biasanya akan menyembunyikannya karena percaya bahwa itu merupakan kelemahan mereka. Fungsi perasaan yang bukan merupakan fungsi natural mereka kadang membuat masalah bagi diri mereka.

ENTJ senang berinteraksi dengan orang lain. Mereka nyaman dan puas saat berdiskusi dengan orang lain. Orang ENTJ yang mampu menyeimbangkan fungsi mereka dalam kehidupan akan mampu menjadi pribadi yang memiliki kekuatan personal yang hebat.

Ciri-Ciri Tipe Kepribadian ENTJ

1. Mengubah teori menjadi perencanaan

2. Berpengetahuan tinggi

3. Berorientasi pada masa depan

4. Pemimpin alami

5. Tidak sabar pada hal yang tidak efisien dan kompeten

6. Ingin semuanya terstruktur dan teratur

7. Memiliki kemampuan komunikasi verbal yang hebat

8. Tidak menyukai rutinitas dan tugas yang detail

9. Percaya diri

10. Tegas

Baca Juga : Tipe Kepribadian ENTJ sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

Kekuatan dan Kelemahan ENTJ

Kekuatan-kekuatan yang dimiliki oleh orang berkepribadian ENTJ:

1. Efisien

ENTJ tidak menyukai hal-hal yang tidak efisien. Bagi mereka inefisiensi tidak hanya sebuah masalah sendiri tapi sesuatu yang akan membuat waktu dan energi terbuang percuma. Orang dengan kepribadian ENTJ akan selalu mengedepankan efisiensi kemanapun merek pergi.

2. Enerjik

ENTJ secara natural menikmati peran mereka memimpin sebuah tim dan mengimplementasikan rencana dan tujuan mereka.

3. Sangat percaya diri

ENTJ percaya pada kemampuan mereka. Mereka tahu apa opini mereka sendiri dan percaya kemampuan mereka sebagai pemimpin.

4. Keinginan kuat

Mereka tidak mudah menyerah dan akan berusaha keras untuk mewujudkan apa yang mereka inginkan. ENTJ berusaha mencapai tujuan mereka tapi tidak ada yang lebih memuaskan untuk mengatasi tantangan yang ada saat akan mencapai tujuan tersebut.

5. Pemikir strategis

ENTJ dapat menunjukkan perbedaan krisis manajemen dari waktu ke waktu dan menavigasikan tantangan. Mereka membuat rencana besar dan tahu untuk menguji setiap permasalahan sampai menemukan solusinya.

6. Kharismatik dan pemberi inspirasi

ENTJ dengan segala kelebihan yang dimiliki mampu menjadi sosok yang kharismatik. Tak hanya berkharisma, mereka mampu memberi inspirasi bagi orang lain.

Kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh orang berkepribadian ENTJ:
1. Keras kepala dan dominan

Saat rasa percaya diri dan kemauan mereka terlalu tinggi maka mereka mencoba untuk memenangkan setiap perdebatan dan memaksa visi mereka. Mereka akan tampak keras kepala dan mencoba mendominasi orang lain.

2. Kurang toleransi

Orang ENTJ biasanya kurang mendukung setiap ide yang dapat menganggu tujuan utama mereka. mereka tidak ragu untuk membuat semuanya menjadi jelas bahwa mereka percaya pada diri mereka sendiri daripada orang lain.

3. Tidak sabaran

Saat menjadi pemimpin, ENTJ bisa menjadi tidak sabaran pada orang lain. Mereka berpikir terlalu cepat sehingga kadang tidak dapat diikuti oleh orang lain.

4. Arogan

ENTJ merupakan orang yang berpikir cepat, mereka menilai dari diri mereka sendiri dan merendahkan siapapun yang tidak dapat memenuhi standar mereka.

5. Tidak dapat mengendalikan emosi

Orang ENTJ cenderung tidak dapat mengendalikan emosi dengan baik. Mereka bisa menyakiti perasaan orang lain saat marah, apakah itu teman atau pasangan mereka.

6. Dingin dan kejam

Obsesi mereka yang ingin segala sesuatu efisien dan profesional membuat mereka kurang sensitif dalam mencapai tujuan. Mereka bisa mengesampingkan perasaan orang lain, kepentingan orang lain, dan hal-hal lain yang menurut mereka tidak penting.

Baca Juga : Tipe Kepribadian ENTJ sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman
Tipe Kepribadian ENTJ Tipe Kepribadian ENTJ Reviewed by Unknown on 6:03:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.