Tipe Kepribadian ENTP

ENTP (Foto: Personalitycafe)

Pilihan kepribadian ENTP

Extraversion (E): ENTP senang memiliki banyak teman serta menghabiskan waktu dengan teman atau kerabat.

Intuition (N): ENTP melihat gambaran besar dari suatu permasalahan dan kurang memperhatikan detail

Thinking (T): ENTP cenderung bersikap obyektif saat memandang suatu permasalahan dan mengesampingkan perasaan.

Perceiving (P): ENTP membiarkan pilihan tetap terbuka dan tidak terikat dengan rencana ataupun struktur.

ENTP secara konstan menyerap ide dan gambaran tentang situasi yang hadir dalam kehidupan mereka. Menggunakan intuisi yang mereka miliki, mereka biasanya secara cepat dan akurat mampu untuk melihat sebuah situasi. Mereka memiliki pengertian yang lebih dalam terhadap lingkungan mereka daripada tipe lainnya. Kemampuan mereka untuk mengerti orang lain membuat mereka memiliki keuntungan tersendiri dalam hidup. Mereka sangat fleksibel dan cepat beradaptasi terhadap tugas yang memiki jangkauan luas. Mereka juga cukup baik di semua hal yang membuat mereka tertarik. Saat mereka menumbuhkan kemampuan intuisi mereka maka mereka sangat peduli dengan kemungkinan dan ini membuat mereka memiliki banyak akan untuk menyelesaikan masalah.

ENTP adalah orang yang penuh dengan ide. Kemampuan mereka dalam menangkap sesuatu membuat mereka dapat melihat peluang di mana saja. Mereka menjadi saat bersemangat dan antusias pada ide mereka dan mampu untuk menyebarkan antusiasme itu pada orang lain. Olah karena itu mereka bisa mendapatkan dukungan yang mereka perlukan untuk mewujudkan ide tersebut. Meskipun demikian ENTP biasanya kurang tertarik untuk mengembangkan rencana dari ide yang mereka mulai. Hal tersebut membuat beberapa ENTP akan memiliki kebiasaan tidak menyelesaikan apa yang mereka mulai.

Meskipun ENTP lebih tertarik untuk menyerap informasi daripada membuat keputusan, mereka cukup rasional dan logis dalam mengambil kesimpulan. ENTP yang berkembang dengan baik bisa menjadi visioner yang hebat dengan kemampuan daya cipta dan giat berusaha. Seorang ENTP yang kurang mengembangkan Sensing-Feeling mereka akan menjadi terlalu terobsesi pada detail minor. Detail tersebut akan menjadi sangat penting bagi ENTP tapi pada kenyataannya biasanya tidak penting untuk hal yang besar.

Secara umum ENTP merupakan visioner yang cepat. Mereka berpengetahuan dan menghabiskan hidup mereka untuk mencari pengertian yang lebih tinggi. Mereka akan menjadi tertarik pada konsep, tantangan, dan kesulitan. Saat menghadapi masalah, mereka sangat bagus dalam improvisasi dan secara cepat menghasilkan solusi yang kreatif.

Ciri-Ciri Tipe Kepribadian ENTP

1. Project-oriented

2. Senang membangun ide dan teori

3. Kreatif dan banyak akal

4. Cerah dan mampu

5. Fleksibel dan memiliki bakat beragam

6. Memiliki kemampuan komunikasi yang handal

7. Senang berdebat dengan orang lain

8. Memiliki kemampuan bersosialisasi dengan baik

9. Pemimpin alami tapi tidak ingin mengendalikan orang lain

10. Menolak diatur oleh orang lain

11. Enerjik dan mampu memberikan motivasi pada orang lain

12. Memiliki pengetahuan tinggi dan kompetensi

13. Logis dan pemikir rasional

14. Mampu menangkap konsep dan teori yang sulit

15. Senang menyelesaikan masalah yang rumit

16. Tidak menyukai jadwal ketat

17. Tidak menyukai rutinitas dan tugas yang detail

Kekuatan dan Kelemahan ENTP

Kekuatan yang dimiliki orang yang berkepribadian ENTP antara lain:

1. Berpengetahuan

ENTP jarang melewatkan peluang untuk belajar sesuatu yang baru terutama konsep yang abstrak. Informasi tidak selalu dimasukkan dengan perencanaan khusus untuk belajar tapi karena mereka menemukan hal yang menarik mereka saja.

2. Pemikir cepat

ENTP memiliki pikiran yang sangat fleksibel dan mereka mampu berpindah dari ide satu ke ide lainnya.

3. Orisinil

Orang dengan kepribadian ENTP mampu untuk berpikir jauh dari sistem yang ada dan membuat ide dengan pengetahuan dan kreativitas yang mereka miliki.

4. Excellent Brainstormers

ENTP sangat senang menganalisis masalah dari setiap sudut untuk menemukan solusi terbaik. Mengkombinasikan pengetahuan dan orisinilitas, menolak pilihan yang tidak akan bekerja membuat ENTP tidak tergantikan dalam sesi brainstorming.

5. Karismatik

Orang dengan kepribadian ENTP memiliki cara tersendiri dalam berbicara dan menggugah orang lain. Mereka percaya diri, berpikir cepat dan memiliki kemampuan untuk membuat komunikasi yang dilakukan menarik, charming, dan informatif dalam waktu yang sama.

6. Enerjik

ENTP merupakan orang yang antusias dan penuh dengan energi. Mereka bisa bekerja sepanjang hari dan malam untuk menemukan sebuah solusi.

Kelemahan yang dimiliki oleh orang berkepribadian ENTP antara lain:

1. Sangat argumentatif

Jika adalah yang dinikmati ENTP maka salah satunya adalah mendebatkan sesuatu. Mereka akan menumpahkan energi mereka untuk berdebat dengan orang lain untuk mempertahankan kepercayaan mereka.

2. Kurang sensitif

Sebagai orang yang rasional, ENTP sering salah menilai perasaan orang lain. Mereka bisa tidak menyadari tentang perasaan orang lain saat berdebat dan bisa menyakiti orang tersebut.

3. Kurang toleran

ENTP termasuk tipe orang yang kurang toleran dengan pendapat orang lain kecuali orang tersebut dapat meyakinkan ENTP dengan ide mereka. Jika tidak, orang ENTP tidak hanya akan menolak ide tersebut namun juga orang yang memunculkan idea tau pendapat tersebut.

4. Kurang fokus

ENTP merupakan orang yang fleksibel, dapat berpindah dari satu ide ke ide lainnya. Hal tersebut bisa membuat ide awal mereka menjadi tidak terlaksana dengan baik karena mereka tidak fokus untuk menyelesaikannya.

5. Tidak suka hal praktikal

ENTP tertarik pada konsep dan ide, namun saat pelaksanaannya mereka akan mengalami kesulitan. ENTP akan kehilangan ketertarikan mereka untuk melakukan hal-hal rutin dan detail sebagai perwujudan dari ide mereka.
Tipe Kepribadian ENTP Tipe Kepribadian ENTP Reviewed by Unknown on 9:00:00 AM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.