Tipe Kepribadian ESFJ

ESFJ (Foto: Leylinescomic)

Pilihan Kepribadian ESFJ


Extraversion (E): ESFJ senang memiliki banyak teman dan berinteraksi dengan mereka.

Sensing (S): ESFJ menggunakan lima panca indera mereka saat memperoleh informasi dan menyukai detail akan sesuatu.

Feeling (F): ESFJ menggunakan perasaan mereka saat memutuskan sesuatu dan sensitif pada kebutuhan orang lain.

Judging (J): ESFJ senang pada lingkungan yang terstruktur dan terorganisir dengan baik.

ESFJ merupakan pribadi yang mencintai orang lain, mereka bersikap hangat dengan orang lain. Mereka menggunakan Sensing dan Judging untuk mendapatkan informasi detail tentang orang lain dan menjadikan informasi tersebut sebagai supportive judgments. Mereka biasanya sangat baik dalam membaca orang lain dan mengerti sudut pandang mereka. Orang lain biasanya senang berada di dekat ESFJ karena ESFJ memiliki kemampuan untuk membuat orang lain merasa nyaman dengan mereka.

Orang dengan kepribadian ESFJ melihat tanggung jawab sebagai hal yang serius. Mereka membutuhkan keamanan dan stabilitas serta memiliki fokus yang detail terhadap kehidupan. Mereka dapat melihat dan melakukan hal yang dibutuhkan sebelum orang lain melihat atau melakukannya. Mereka nyaman untuk melakukan pekerjaan tersebut dan biasanya sangat baik dalam mengerjakannya.


ESFJ hangat dan enerjik. Mereka membutuhkan penerimaan dari orang lain untuk merasa baik bagi diri mereka sendiri. Mereka tersakiti karena perbedaan dan tidak mengerti ketidakbaikan. Mereka senang memberi dan membuat orang lain bahagia. Mereka ingin diri mereka diapresiasi apa adanya. Mereka juga sangan sensitif pada orang lain dan memberikan perhatian nyata secara tulus. Mereka merupakan individu yang kadang merasa berat melihat atau menerima kebenaran yang sulit tentang seseorang yang mereka sayangi.

Semua ESFJ memiliki kecenderungan untuk mengontrol lingkungan mereka. Fungsi dominan mereka membutuhkan struktur dan terorganisasi. Mereka sangat nyaman dengan lingkungan yang terstruktur, dan tidak nyaman dengan sesuatu yang abstrak, teoritis, atau analisis impersonal. Mereka nyaman membuat tata tertib dan struktur dan sangat baik dalam mengerjakan pekerjaan mengenai hal tersebut.

ESFJ menghargai dan percaya pada hukum dan aturan yang berlaku, mereka juga percaya bahwa orang laih seharusnya juga demikian. Mereka cenderung menerima aturan tanpa mempertanyakannya atau mengerti tentangnya. Kepribadian ESFJ banyak dimiliki oleh perempuan, namun laki-laki yang berkepribadian ESFJ biasanya tidak tampil feminim, atau sesuai dengan gender mereka untuk menjadi maskulin sedangkan ESFJ wanita biasanya tampil feminim.

Baca Juga: Tipe Kepribadian ESFJ sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

Ciri-Ciri Tipe Kepribadian ESFJ


1. Terorganisir

2. Loyal

3. Dapat diandalkan

4. Senang membuat tata tertib, struktur, dan jadwal

5. Senang berinteraksi dengan orang lain

6. Hangat dan simpati

7. Cenderung menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan pribadi

8. Senang memberikan perhatian nyata pada orang lain

9. Dapat bekerja sama dengan baik

10. Rendah hati

11. Membutuhkan ketenangan dan keamanan

12. Membutuhkan pengakuan dari orang lain

13. Merasa puas dengan memberi pada orang lain

14. Menjalani hidup untuk masa sekarang dan di sini

Kekuatan dan Kelemahan ESFJ


Kekuatan yang dimiliki oleh orang yang memiliki kepribadian ESFJ antara lain:

1. Memiliki kemampuan praktikal yang kuat

ESFJ memiliki kemampuan manejerial yang baik dengan melakukan tugas sehari-hari dengan baik dan senang membuat orang yang ada di sekitar mereka terawat dengan baik.

2. Perasaan kuat pada tugas/pekerjaan

Orang yang memiliki kepribadian ESFJ memiliki perasaan tanggung jawab yang kuat pada tugas yang diberikan untuk mereka.

3. Sangat loyal

ESFJ memiliki kepribadian yang sangat loyal dan terpercaya baik sebagai pasangan dan pekerja. ESFJ merupakan pilar dari kelompok mereka, apakah itu keluarga, komunitas, grup, dan lainnya. Mereka akan menjadi orang yang selalu bisa diandalkan.

4. Sensitif dan hangat

Kepribadian ESFJ akan mencari keharmonisan dan peduli pada perasaan orang lain, menjadi berhati-hati untuk tidak menyakiti siapapun. ESFJ merupakan pemain tim yang kuat dan menciptakan solusi win-win bagi kelompoknya.

5. Bagus dalam berhubungan dengan orang lain

Kepribadian yang dimiliki membuat ESFJ disukai oleh orang lain. Mereka tidak ada masalah dalam berhubungan dengan orang lain atau mengikuti aturan sosial untuk membantu mereka mendapatkan peran aktif dalam komunitasnya.

Kelemahan-kelemahan yang dimiliki orang yang memiliki kepribadian ESFJ antara lain:

1. Khawatir dengan status sosial mereka

Orang ESFJ cenderung selalu khawatir dengan status sosial mereka sehingga akan berdampak pada keputusan-keputusan yang mereka ambil. Hal ini bisa membatasi kreativitas mereka untuk berkembang.

2. Tidak fleksibel

ESFJ mementingkan apa yang diterima secara umum dan akan khawatir dengan apapun yang tidak konvensional atau di luar mainstream. Orang dengan kepribadian ini kadang memaksa kepercayaan mereka sendiri untuk menjadi umum seperti yang lain.

3. Enggan untuk berinovasi dan berimprovisasi

Seperti sifat mereka yang cenderung kritis pada hal yang tak biasa, ESFJ kadang tidak ingin keluar dari zona nyaman mereka, selalu takut untuk menjadi berbeda.

4. Lemah menghadapi kritikan

ESFJ tidak menyukai konflik dan mereka akan sangat bertahan dan tersakiti jika ada yang mengkritik kebiasaan, kepercayaan, atau tradisi yang mereka miliki.

5. Terlalu membutuhkan apresiasi

ESFJ terlalu ingin mendengar apresiasi dari sekitarnya. Jika mereka tidak diapresiasi maka mereka akan mencoba untuk mendapatkannya dengan membuktikan bahwa mereka juga berharga.

6. Terlalu selfless
Orang ESFJ kadang mencoba untuk mencari perhatian yang kadang tidak dibutuhkan orang lain. Lebih jauh lagi ESFJ sering menolak kebutuhannya sendiri dan lebih fokus pada kebutuhan sekitarnya.

Baca Juga: Tipe Kepribadian ESFJ sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman
Tipe Kepribadian ESFJ Tipe Kepribadian ESFJ Reviewed by Unknown on 5:07:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.