Tipe Kepribadian ESFP

ESFP (Foto: Paladinexec)

Pilihan Kepribadian ESFP

Extraversion (E): ESFP merupakan orang yang ramah dan senang menghabiskan waktu dengan banyak teman dan kerabat.

Sensing (S): ESFP tertarik pada kejadian hari ini dan sekarang dan lebih fokus pada detail daripada gambaran besar akan sesuatu.

Feeling (F): ESFP lebih mementingan perasaan personal daripada logika dan fakta.

Perceiving (P): ESFP tidak menghabiskan banyak waktu untuk merencanakan dan berorganisasi. Mereka lebih senang membuat pilihannya tetap terbuka.

ESFP senang dengan orang-orang dan pengalaman baru. Mereka hidup dengan senang dan menikmati jika menjadi pusat perhatian. Orang ESFP hidup di saat ini dan tempat ini, dan mereka menyukai kehebohan dan drama dalam kehidupan.

ESFP memiliki kemampuan interpersonal yang kuat dan mereka akan sering berperan sebagai pendamai. Kepribadiannya yang mementingkan perasaan sering digunakan untuk bersimpati pada orang lain. Mereka biasanya cukup hangat dan baik pada orang lain. Mereka akan memperhatikan orang lain dan terlihat merasakan apa ada yang salah pada diri seseorang sebelum orang lain melakukannya. Mereka mungkin bukan pemberi nasehat terbaik di dunia karena mereka tidak menyukai teori dan perencanaan masa depan, tapi mereka bagus untuk memberikan perhatian langsung.

ESFP merupakan orang yang spontan dan optimis. Mereka senang untuk bersenang-senang. Orang ESFP yang tidak mengembangkan sisi Thinking mereka mungkin akan sedikit bermasalah karena hanya merasakan saja sehingga tidak melihat konsekuensi yang akan terjadi dari apa yang mereka perbuat. Namun mereka adalah orang yang menyayangi orang lain dan begitu juga sebaliknya. Mereka sangat baik pada teman mereka. Tapi saat ada yang menantang mereka maka mereka akan bersikap keras melawan orang tersebut.

ESFP biasanya memiliki ikatan yang kuat dengan orang lain begitu juga pada hewan dan anak kecil yang tidak ditemukan pada tipe kepribadian lainnya. Mereka juga biasanya memiliki apresiasi yang kuat terhadap keindahan. Mereka sangat mencintai kehidupan dan tahu bagaimana caranya untuk bersenang-senang.

Baca Juga: Tipe Kepribadian ESFP sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

Ciri-Ciri Tipe Kepribadian ESFP

1. Hidup di masa sekarang

2. Senang dengan pengalaman baru

3. Praktikal dan realistis

4. Hangat pada orang lain

5. Tahu caranya bersenang-senang bagi diri sendiri atau orang lain

6. Mandiri dan banyak akal

7. Spontan dan jarang berencana

8. Tidak menyukai teori dan penjelasan yang panjang

9. Memiliki ikatan kuat dengan anak-anak dan hewan

10. Mengembangkan apresiasi estetika

Kekuatan dan Kelemahan ESFP

Kekuatan yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian ESFP antara lain:

1. Berani

ESFP cenderung tidak tahu bagaimana untuk menahan diri. Mereka ingin memiliki berbagai pengalaman untuk dialami. Orang dengan kepribadian ESFP tidak takut untuk keluar dari zona nyaman mereka.

2. Orisinil

Tradisi dan ekspektasi adalah hal sampingan bagi ESFP. Mereka lebih suka bereksperimen dengan gaya baru dan menemukan cara baru untuk tetap bersinar di keramaian.

3. Estetis dan Showmanship

ESFP memiliki kreativitas seni dalam perkataan dan aktivitas mereka. Setiap hari bagi mereka adalah untuk menampilkan diri dan mereka menyukai hal tersebut.

4. Praktikal

Bagi ESFP, dunia ini harus dirasakan dan dialami. Kebenaran lebih aneh daripada cerita fiksi dan ESFP memilih untuk melihat dan melakukan daripada hanya berfilosofi tentang “bagaimana jika?”

5. Suka mengobservasi

Dengan fokusnya pada sekarang dan di sini dalam melakukan sesuatu membuat orang ESFP secara alami mampu melihat kenyataan, bukti sesuatu dan perubahan

6. Kemampuan sosialisasi

ESFP senang memperhatikan orang lain. Mereka senang berbicara dan hampir tidak pernah kehabisan bahan untuk didiskusikan.

Kelemahan yang dimiliki oleh orang yang memiliki kepribadian ESFP antara lain:

1. Sensitif

ESFP sangat emosional dan lemah pada kritikan. Ini mungkin menjadi kelemahan terbesar dari ESFP karena membuat kelemahan lainnya sulit untuk diatasi.

2. Menolak konflik

ESFP kadang tidak menghiraukan dan menghindari konflik secara keseluruhan. Mereka akan mencoba keluar dari situasi tersebut kemudian beralih ke hal lain yang menyenangkan.

3. Mudah bosan

ESFP merupakan pribadi yang mudah bosan karena selalu mencari hal-hal yang menarik dan lebih menarik.

4. Perencana jangka panjang yang buruk

ESFP jarang membuat rencana detail untuk masa depan mereka. Mereka tidak suka berencana karena percaya bahwa sesuatu dapat berubah sewaktu-waktu.

5. Tidak fokus

Semua hal yang membutuhkan dedikasi dan fokus dalam jangka lama menjadi tantangan berat bagi ESFP.

Tipe Kepribadian ESFP Tipe Kepribadian ESFP Reviewed by Unknown on 5:27:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.