Tipe Kepribadian ESTP

Tintin - ESTP (Foto: Mbtifiction)

Pilihan Kepribadian ESTP

Extraversion (E): ESTP merupakan orang yang ramah tamah dan senang menghabiskan waktu dengan banyak teman dan kerabat.

Sensing (S): ESTP tertarik pada hal here-and-now (sekarang dan saat ini) dan mereka lebih fokus pada detail daripada melihat gambaran besar.

Thinking (T): ESTP merupakan orang yang logis, saat mereka membuat keputusan maka mereka akan menempatkan logika di atas daripada perasaan personal.

Perceiving (P): ESTP tidak suka dengan hal yang terlalu direncanakan, mereka senang dengan perbaikan dan tetap membuka pilihan-pilihan yang ada.

ESTP merupakan sosok yang ramah tamah dan langsung berbicara apa adanya. Mereka bersemangat dan penuh gairah, senang berbuat sesuatu dan hidup di dunia yang penuh aksi. Terus terang, pengambil risiko, mereka ingin masuk ke dalam permasalahan dan membuat diri mereka benar-benar terjun dan berbuat sesuatu. Mereka adalah orang-orang yang hidup untuk saat ini dan di tempat ini dan mereka menempatkan introspeksi atau teori menjadi kurang penting. Mereka melihat pada fakta dari sebuah situasi, secara cepat memutuskan apa yang harus dilakukan, mengeksekusinya dan beralih ke hal selanjutnya.

ESTP memiliki kemampuan aneh untuk merasakan perilaku dan motivasi orang-orang. Mereka bisa melihat tanda yang biasanya tidak dilihat orang lain, seperti ekspresi wajah dan cara berdiri. ESTP menggunakan kemampuan mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dari sebuah situasi. Peraturan dan hukum bagi mereka akan terlihat seperti panduan untuk perilaku daripada sebuah amanat. Jika mereka memutuskan sesuatu perlu dilakukan maka mereka akan melakukannya segera dengan sungguh-sungguh. ESTP cenderung percaya pada keyakinan mereka sendiri tentang apa yang benar dan teguh pada prinsip yang mereka pegang.

Orang-orang ESTP biasanya sangat baik dan bercerita dan improvisasi. Mereka senang membiarkan semuanya berjalan apa adanya daripada mengikuti sebuah rencana. Mereka senang bersenang-senang dan orang yang menyenangkan bagi orang lain. Kadang-kadang mereka bisa menyakiti orang lain tanpa mengetahuinya. Ini bukan berarti mereka tidak peduli pada orang lain namun mereka membuata keputusan berdasarkan fakta dan logika.

Kepribadian yang kurang dimiliki adalah intuisi. Mereka bisa tidak sabar menghadapi teori dan menggunakannya sedikit untuk melakukan sesuatu. Orang ESTP yang kurang percaya pada insting mereka akan curiga juga dengan intuisi orang lain. Mereka lebih cenderung praktikal, mengobservasi, spontan, pengambil resiko dengan kemampuan yang cepat dalam menyelesaikan masalah.

Ciri-Ciri Tipe Kepribadian ESTP

1. Berorientasi pada aksi

2. Hidup untuk masa sekarang

3. Tidak menyukai teori absrak tanpa aplikasi praktikal

4. Ingin melihat segera hasil dari usaha mereka

5. Enerjik

6. Fleksibel dan mudah beradaptasi

7. Banyak akal

8. Jarang bekerja berdasarkan rencana

9. Suka memperhatikan

10. Memiliki ingatan yang kuat apda detail

11. Memiliki keahlian yang baik

12. Sifat dasar yang baik

13. Memiliki kemampuan untuk melihat permasalahan segera dan cepat memberikan solusi

14. Tertarik pada petualangan dan risiko

15. Terkadang tampak menyolok dan menampilkan diri

16. Senang berinisiasi tentang suatu hal

Kekuatan dan Kelemahan ESTP

Kekuatan yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian ESTP antara lain:

1. Berani

Orang dengan kepribadian ESTP akan penuh energi dan menjadi pemberani. Tak ada yang lebih menyenangkan dari ESTP daripada melampau batas dan menemukan hal-hal baru.

2. Rasional dan praktikal

ESTP senang dengan pengetahuan dan filosofi, tapi tidak untuk mereka sendiri. Mereka menemukan ide dari apa yang mereka lakukan dan memperhatikan detail akan suatu hal. Jika ada sebuah diskusi yang tampak sulit ditemukan jalan keluar, ESTP bisa digunakan untuk mengatasinya.

3. Langsung

ESTP memilih untuk berkomunikasi secara langsung, jelas, dengan partanyaan dan jawaban yang faktual. Sesuatu dilihat sebagaimana adanya.

4. Sosial

ESTP sangat bagus dalam bersosialisasi sehingga merekaa memiliki bakat kepemimpinan alami dalam sebuah kelompok. Ini sebenarnya bukan yang mereka cari, orang ESTP hanya memiliki ketangkasan menggunakan interaksi sosial dan peluang dari jaringan yang mereka miliki.

Kelemahan yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian ESTP antara lain:

1. Kurang sensitif

Orang ESTP memandang perasaan dan emosi sebagai hal kedua dibandingan dengan fakta dan realitas. Perasaan orang lain bisa terluka karena mereka kadang terlalu jujur dalam mengungkapkan sesuatu. Mereka bisa mendapatkan masalah dalam mengungkapkan perasaan mereka sendiri.

2. Tidak sabaran

Mereka berpindah-pinda untuk membuat diri mereka tetap bersemangan. Bersabar dalam menghadapi suatu hal yang tidak berjalan cepat sesuai dengan keinginan mereka menjadi tantangan berat bagi si ESTP.

3. Pengambil risiko

Ketidaksabaran yang dimiliki oleh orang ESTP bisa membuat mereka menjadi dekat dengan risiko. Mereka kadang-kadang mengambil risiko saat mencoba melawan kebosanan.

4. Tidak terstruktur

ESTP melihat peluang untuk menyelesaikan masalah, dan bersenang-senang. Ia kadang mengabaikan peraturan dan norma sosial dalam prosesnya. Hal tersebut memang mungkin dapat terselesaikan namun dapat membuat kekacauan di sisi lain.

5. Kemungkinan tak melihat gambaran besar akan suatu hal

Hidup di saat ini dapat membuat ESTP melupakan hal-hal besar, seperti fokus pada satu pohon tapi melupakan hutannya. Orang dengan kepribadian ESTP senang menyelesaikan masalah saat ini dan sekarang. Setiap bagian dapat menjadi sempurna, namun itu bisa gagal jika bagian tersebut digabungkan dan tidak sesuai.

6. Suka menantang

ESTP tidak ingin dikungkung, mereka lebih pada senang mengerjakan sesuatu dan tak ingin dibatasi aturan. Lingkungan seperti sekolah dan pekerjaan awal dapat menjadi kurang sesuai dengaan pribadi mereka. Butuh usaha yang keras bagi seorang ESTP untuk tetap fokus pada lingkungan tersebut sampai mendapatkan posisi yang lebih bebas.

Baca Juga: Tipe Kepribadian ESTP sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

Lebih lengkap bisa Download PDF Tipe Kepribadian ESTP di sini.

Tipe Kepribadian ESTP Tipe Kepribadian ESTP Reviewed by Unknown on 5:15:00 AM Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.