Tipe Kepribadian INTP

INTP (Foto: keepcalm-o-matic)

Pilihan Kepribadian INTP

Introversion (I): INTP lebih memilih bersosialisasi dengan kelompok kecil yang terdiri dari teman-teman dekat.

Intuitive (N): INTP cenderung berpikir pada gambaran besar daripada detail.

Thinking (T): INTP memutuskan sesuatu berdasarkan logika dan informasi yang obyektif daripada perasaan subyektif.

Perceiving (P): INTP cenderung membuat pilihan tetap terbuka dan merasa terbatasi dengan struktur dan rencana.


INTP tinggal di dunia yang penuh dengan kemungkinan teoritis. Mereka melihat semuanya dengan pikiran bagaimana untuk memperbaikinya atau apa yang bisa diubah untuk itu. Mereka memiliki kemampuan untuk menganalisa masalah sulit, mengidentifikasi pola, dan datang dengan penjelasan yang logis. Orang INTP mencoba mencari kejelasan atas segalanya dan membuatnya menjadi pengetahuan. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kemampuan dan intelejensia untuk mengaplikasikan teori logis untuk mencari solusi. Mereka tipe yang dapat menjelaskan masalah ke penjelasan logis.

Pengetahuan seorang INTP di atas segalanya. Pikiran mereka secara konstan bekerja untuk mencari teori baru atau menyetujui atau tidak menyetujui sebuah teori yang telah ada. Mereka biasanya tampak cerah dan mampu menjadi kritis pada analisis yang mereka lakukan secara obyektif. Orang-orang INFP menyukai ide baru dan menjadi sangat tertarik atas abstrakdi dan teori. Mereka juga senang mendiskusikan konsep tersebut pada orang lain. Mereka mungkin tampak berkhayal dan menjauh dari orang lain karena mereka menghabiskan banyak waktu untuk berpikir tentang teori


INTP tidak suka memimpin atau mengontrol orang lain. Mereka biasanya sangat toleran dan fleksibel di banyak situasi, kecuali jika keyakinan mereka diganggu. INTP cenderung tampak pemalu jika bertemu orang baru. Di sisi lain, INTP sangat percaya diri dan hangat dengan orang yang mereka kenal lama.

INTP tidak memiliki pengertian mengapa keputusan dibuat berdasarkan perasaan seseorang. Mereka secara konstan mencapai kesimpulan logis dari masalah-masalah dan tidak mengerti pentingnya atau relevansi dari keputusan yang didasarkan atas emosi personal. Karena alasan ini, INTP biasanya tidak mengerti bagaimana perasaan orang lain. Mereka kadang kesulitan untuk menunjukkan kehangatan dalam sebuah hubungan. Jika mereka tidak menyadari ada perasaan orang lain, mereka biasanya menjadi terlalu kritis dan kasar pada orang lain.

Seorang INTP biasanya sangat mandiri, tidak biasa, dan orisinil. Mereka tidak menyukai tempat yang terlalu bertujuan untuk mencari kepopuleran dan keamanan. Mereka biasanya berkarakter kompleks, tidak kenal lelah, dan temperamental.

Baca Juga: Tipe Kepribadian INTP sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

Ciri-Ciri Tipe Kepribadian INTP

a. Mencintai teori dan ide abstrak

b. Menghargai pengetahuan dan kompetensi di atas segalanya

c. Memiliki standar yang sangat tinggi

d. Independen dan orisinil, mungkin eksentrik

e. Bekerja paling baik sendirian

f. Tidak memiliki hasrat untuk memimpin atau mengikuti

g. Tidak menyukai detail yang biasa

h. Biasanya tidak tertarik pada aplikasi dari pekerjaan mereka

i. Kreatif dan berpikiran dalam

j. Future-oriented

k. Biasanya brilian dan banyak akal

l. Percaya pada pemikiran dan pendapat mereka sendiri daripada orang lain.

Kekuatan dan Kelemahan INTP

Kekuatan yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian INTP antara lain:

a. Analis hebat dan pemikir abstrak

Orang dengan kepribadian INTP melihat dunia sebagai sebuah mesin besar yang kompleks, setiap bagiannya di dalamnya terhubung satu sama lain. INTP dapat dengan cepat menganalisa koneksi yang kadang terlihat tidak saling berhubungan.

b. Imajinatif dan orisinil

Ide dari INTP kadang terlihat sekilas melawan intuisi dan seperti tak akan menemukan titik terang, tapi mereka akan selalu membuktikan inovasi yang diakui.

c. Berpikiran terbuka

INTP tidak akan membuat koneksi jika mereka pikir mereka telah mengetahui semuanya, mereka menerima teori alternatif yang didukung oleh logika dan fakta. INTP biasanya cukup bebas dengan sikap “bukan urusan saya.”

d. Antusias/bersemangat

Jika sebuah ide membuat mereka tertarik, INTP dapat menjadi sangat antusias. Jika orang lain ikut tertarik, mereka dapat menurunkan ketertarikan dengan mendiskusikan hal tersebut.

e. Obyektif

INTP dapat melihat kebenaran yang ada di sekitar mereka secara obyektif. Mereka bisa menjadi mediator yang teoritis dalam sebuah permasalahan.

f. Jujur dan langsung

INTP tidak sering menyakiti orang lain, tapi mereka percaya bahwa kebenaran adalah faktor yang paling penting. Mereka berharap kebenaran dapat diapresiasi dan ditanggapi

Kelemahan yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian INTP antara lain:

a. Privat dan menarik diri

Orang INTP bisa sangat privat dan menarik diri dari sekitarnya. Orang lain kadang kesulitan mengetahui bagaimana perasaan dan pikiran dari orang dengan kepribadian INTP.

b. Kurang sensitif

Seringkali orang INTP terlalu berpikiran logis terhadap suatu hal jadi mereka melupakan perasaan orang lain. Mereka akan menolak hal yang tidak rasional dan tradisi yang menurut mereka tidak perlu.

c. Kurang perhatian

Saat mereka terlalu tertarik pada sesuatu maka mereka bisa lengah dan kurang perhatian pada hal lainnya, misalnya telat makan dan tidur atau tidak muncul di muka umum.

d. Rendah diri

Orang yang memiliki kepribadian INTP akan bangga dengan pengetahuan dan rasionalitasnya. Namun untuk menjelaskan tentang bagaimana mereka mendapatkan sesuatu mereka dapat menjadi frustasi dan kadang menyederhanakannya.

e. Tidak suka dengan aturan

INTP tidak suka dengan peraturan yang dapat mengendalikan mereka. Mereka lebih suka dengan peraturan yang mereka buat sendiri.

Baca Juga: Tipe Kepribadian INTP sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

Unduh versi PDF(lebih lengkap) Tipe Kepribadian INTP

Tipe Kepribadian INTP Tipe Kepribadian INTP Reviewed by Unknown on 1:06:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.