Tipe Kepribadian ISFP

ISFP (Foto: preludecharacteranalysis)

Pilihan kepribadian ISFP

Introversion (I): ISFP adalah seorang introvert, mereka cenderung pendiam terutama di sekitar orang yang mereka tidak kenal dengan baik.

Sensing (S): ISFP cenderung fokus pada detail, mereka menghabiskan waktu berpikir tentang saat ini daripada masa depan. Mereka juga memilih informasi konkrit daripada abstrak.

Feeling (F): ISFP lebih peduli pada urusan personal daripada melihat secara obyektif.

Perceiving (P): ISFP senang menjaga pilihan tetap terbuka, jadi mereka sering menunda membuat keputusan untuk melihat apakah sesuatu mungkin berubah atau ada pilihan baru.

ISFP hidup di dunia yang penuh dengan kemungkinan sensasi. Mereka cukup teliti pada tampilan sesuatu, taste, suara, perasaan, dan penciuman. Mereka memiliki jiwa seni yang tinggi dan biasanya akan menjadi seniman dalam berbagai bidang seni. Itu karena mereka mendapatkan kemampuan menciptakan sesuatu yang dapat berefek pada perasaan. Mereka juga memiliki nilai-nilai yang kuat dan secara konsisten diterapkan dalam hidup mereka. Orang ISFP senang memilih pekerjaan dan karir yang mengizinkan mereka untuk bebas bekerja mewujudkan tujuan pribadi mereka.

ISFP memiliki ketertarikan kuat pada estetika dan kecantikan. Mereka juga cenderung menjadi pecinta binatang dan memiliki apresiasi pada keindahan alam. Mereka adalah orang-orang yang mandiri, orisinil, dan membutuhkan ruang pribadi. Orang-orang yang tidak mengenal mereka dengan baik akan melihat keanehan mereka sebagai tanda bahwa mereka kurang peduli pada hidup, padahal sebenarnya orang ISFP cukup serius memikirkan kehidupan.

ISFP merupakan orang dengan action-oriented, senang melakukan sesuatu dan tidak nyaman dengan teori dan konsep, kecuali jika mereka melihat ada aplikasinya. Mereka juga mudah bosan dengan metode belajar tradisional. mereka tidak nyaman dengan membuat keputusan bedasarkan logika yang ketat.

ISFP cukup hangat dan simpatik. Mereka tulus peduli pada orang lain dan service-oriented. Mereka tidak memiliki hasrat untuk menjadi pemimpin atau mengontrol orang lain, begitu juga mereka tidak suka dikontrol oleh orang lain. Mereka membutuhkan ruang dan waktu untuk sendiri, mengevaluasi keadaan hidup mereka dan nilai-nilai yang mereka anut. Mereka juga cenderung menghargai kebutuhan orang lain untuk hal tersebut.

Ciri-Ciri Kepribadian ISFP

a. Hidup untuk saat ini

b. Menyukai langkah yang lebih lambat

c. Tidak menyukai teori atau pikiran abstrak

d. Terpercaya dan loyal pada orang lain yang penting bagi mereka

e. Individualistik, tidak memiliki hasrat untuk memimpin atau diikuti

f. Serius dalam menghadapi masalah

g. Memiliki ikatan kuat dengan anak-anak dan hewan

h. Tenang dan pendiam, kecuali dengan orang-orang yang mereka tahu dengan baik

i. Terpercaya, sensitif, dan baik

j. Service-oriented

k. Sangat mengapresiasi kecantikan estetika

l. Senang menjadi orisinil dan tidak biasa

m. Belajar terbaik dengan melakukan langsung

n. Tidak suka hal yang biasa, tugas rutin, tapi akan melakukannya jika diperlukan

Baca Juga: Tipe Kepribadian ISFP sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

Kekuatan dan Kelemahan ISFP

Kekuatan yang dimiliki orang berkepribadian ISFP antara lain:

a. Charming

Orang dengan kepribadian ISFP merupakan pribadi yang rileks, hangat, dan mereka cukup banyak disukai dan populer.

b. Sensitif pada orang lain

ISFP mudah mengerti perasaan orang lain dan mencoba membantu mereka untuk bangkit dan meminimalkan konflik.

c. Imajinatif

Menjadi peduli pada perasaan orang lain, mereka menggunakan kreativitas untuk berbicara pada hati orang lain. Jiwa penuh imajinasi dan penasaran mereka akan membantu ISFP dengan cara yang tak terduga.

d. Passionate

ISFP memang kadang pemalu dan perasa, namun jika mereka sudah menemukan hal yang membuat mereka tertarik, maka mereka akan meninggalkan hal yang lain.

e. Ingin tahu

ISFP penasaran atau ingin tahu pada hal-hal yang mereka sukai berkaitan dengan seni atau kemanusiaan.

f. Artistik

ISFP mampu menunjukkan kreativitas mereka dalam bentuk nyata dan keindahan. Apakah itu dalam hal menulis sebuah lagu, melukis, atau mempresentasikan statistik dalam grafik, ISFP mampu memvisualisasikan sesuatu yang dapat menggerakkan hati penontonnya.

Kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh ISFP antara lain:

a. Sangat independen

Prioritas dari ISFP adalah kebebasan mengekspresikan diri. Hal lain yang dapat menghalanginya seperti tradisi atau aturan akan menekan kepribadian mereka.

b. Tidak dapat diprediksi

ISFP tidak menyukai komitmen dan rencana jangka panjang. Mereka cenderung menghindari perencanaan masa depan. Ini kadang bisa menyebabkan mereka kesulitan dalam hubungan asmara dan finansial di masa depan.

c. Mudah stress

ISFP hidup di masa sekarang dengan penuh emosi. Saat situati di luar kontrol maka mereka akan mudah jatuh, kehilangan karakteristik charming dan kreativitas mereka.

d. Terlalu kompetitif

ISFP dapat dengan mudah membuat hal kecil menjadi kompetisi, menjatuhkan kesuksesan mereka untuk mencari kemenangan pada satu waktu. Mereka akan tidak bahagia jika kalah.

e. Harga diri yang fluktuatif

Usaha ISFP kadang tidak berhasil terutama pada masa awal. ISFP dapat mulai melihat sesuatu secara buruk tanpa dukungan yang kuat.

Download versi PDF(Lebih Lengkap): Tipe Kepribadian ISFP (PDF)
Tipe Kepribadian ISFP Tipe Kepribadian ISFP Reviewed by Unknown on 5:16:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.