Tipe Kepribadian ENFJ sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman

ENFJ sebagai Kekasih

ENFJ berdedikasi pada hubungan dan pasangan mereka. Mereka memiliki kemampuan spesial untuk memberikan kehangatan dan penghargaan yang terbaik bagi pasangannya. Mereka berkomitmen dengan serius dan berusaha membuat sebuah hubungan berjalan dengan baik. Jika sebuah hubungan gagal, maka ENFJ akan merasa bersalah dan menyalahkan dirinya atas kegagalan tersebut. Namun mereka bisa move on tanpa harus melihat ke belakang.

Foto: personalityjunkie.com

Pribadi ENFJ mungkin bisa memiliki kebiasaan bertanya pada pasangannya apa yang sedang mereka lakukan, apa yang mereka rasakan, dan lain-lain. Kebiasaan ini mungkin akan sedikit mengganggu namun juga bisa membantu kesehatan dari hubungan mereka.

ENFJ lebih memilih untuk membuang masalah dalam hubungan daripada menghadapinya. Masalah tersebut bisa jadi nantinya akan kembali di kemudian hari. ENFJ perlu menyadari bahwa dunia tidak akan berakhir jika ada sebuah perselisihan dan harus menghadapinya.
Secara umum ENFJ antusias dalam hubungan pribadi mereka. Mereka membawa kebahagian dan kehangatan serta berusaha untuk membuat hubungan tersebut berjalan baik.

Tipe Kepribadian yang Cocok dengan ENFJ

Pasangan alami dari ENFJ adalah INFP atau ISFP. Fungsi dominan mereka yaitu Extraverted Feeling paling cocok dengan pribadi yang memiliki fungsi dominan Introverted Feeling. ENFJ dan INFP merupakan pasangan yang sangat cocok karena sama-sama menerima dunia luar dengan Intuitive, namun ENFJ dan ISFP juga bisa jadi pasangan yang serasi.


ENFJ sebagai Orang Tua

ENFJ menjadikan peran menjadi orang tua dengan serius. Mereka mencoba menjadi role model bagi anak-anaknya. Mereka menganggap itu tanggung jawabnya agar anak-anaknya menjadi baik. Orang tua berkepribadian ENFJ biasanya cukup ketat dan memiliki harapan tinggi terhadap perilaku anak-anaknya. Di sisi lain, ENFJ juga hangat dan sayang pada anak mereka. ENFJ juga bisa melakukan tugas sehari-hari untuk pemenuhan kebutuhan anak mereka.

Foto: www.16personalities.com

ENFJ yang tergolong ingin mengendalikan anak-anaknya biasanya selalu memonitor perkembangan mereka. Ini kadang memang sedikit mengganggu bagi sebagian anak. ENFJ perlu mengingat bahwa anak-anak juga perlu ruang bebas untuk berkembang sehingga menjadi pribadi dewasa yang sehat.

Kebanyakan orang tua ENFJ akan menghadapi masalah saat anaknya menginjak remaja. Anak-anak biasanya membutuhkan ruang sendiri pada usia tersebut dan mencoba menjauh dari orang tua. ENFJ cenderung pribadi yang manipulatif dan sebaiknya berusaha untuk tidak menggunakannya dengan cara yang negatif.

ENFJ sebagai Teman

Sebagai teman, ENFJ merupakan pribadi yang hangat dan bisa bergaul dengan baik karena mengerti perspektif dan perasaan orang lain. Mereka menikmati mendukung yang terbaik bagi orang lain. ENFJ juga enerjik dan senang bersama orang lain. Karakteristik yang mereka miliki membuat ENFJ dihargai oleh teman-temannya sebagai seorang yang hangat, suportif, dan mendahulukan kepentingan orang lain.

ENFJ tertarik pada semua orang dan bisa berhubungan dengan semua tipe kepribadian. Namun mereka tidak menghabiskan banyak waktu dengan tipe kepribadian Sensing Perceiving yang hanya “hidup pada saat ini” karena bisa menimbulkan konflik. Mereka akan tertarik pada pribadi yang juga Feelers karena memiliki nilai-nilai yang serupa. ENFJ juga biasanya tidak memiliki teman dekat dengan Thinking yang kuat. Mereka akan lebih senang berteman dengan pribadi Intuitive Feelers begitu juga Sensing Judgers.

Sumber: Personalitypage.com
Tipe Kepribadian ENFJ sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman Tipe Kepribadian ENFJ sebagai Kekasih, Orang Tua, dan Teman Reviewed by Admin on 5:52:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.