Gangguan Mental: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Skizofrenia

Gejala Skizofrenia

Skizofrenia(Schizophrenia) merupakan salah satu jenis gangguan mental yang memiliki gejala sebagai berikut:
a. kurang tertarik pada hal-hal  lain
b. merasa tidak terhubung dengan perasaan sendiri
c. sulit berkonsentrasi
d. ingin menghindari orang lain
e. halusinasi
f. mendengar suara-suara aneh
g. delusi
h. merasa bahwa ingin dilindungi

gejala skizofrenia
Skizofrenia (foto: Dailystar.co.uk)
Bagi sebagian orang, pengalaman tersebut dapat dimulai tiba-tiba, namun bagi sebagian yang lain maka bisa terjadi secara bertahap. Penderita bisa mengalami rasa kecewa, khawatir, bingung, dan curiga pada orang lain, terutama pada orang yang tidak setuju dengan pendapatnya. Delusi, mendengar suara aneh, dan berhalusinasi adalah semua tipe dari psychosis.

Penyebab Skizofrenia

Secara umum telah disetujui bahwa skizofrenia disebabkan oleh kombinasi beragam faktor daripada satu faktor penyebab saja. Berikut ini beberapa faktor yang bisa berkontribusi pada munculnya skizofrenia:

a. Dopamine
Dopamine merupakan zat kimiawi yang membawa pesan antara otak dan sel. Terdapat bukti bahwa terlalu banyak dopamine bisa mengakibatkan berkembangnya skizofrenia, tapi belum jelas bagaimana atau apakah seseorang terdiagnosa skizofrenia karena dopamine.

b. Hidup yang stress
Masalah tekanan kehidupan bisa juga menjadi pendorong munculnya skizofrenia. Contohnya misalnya isolasi sosial, terlalu keras bekerja, hidup miskin, tidak punya rumah, kehilangan seseorang yang dekat dengannya, dan mengalami kekerasan fisik maupun psikis.

c. Penggunaan obat-obatan terlarang
Skizofrenia juga bisa terjadi karena faktor penggunaan obat-obatan terlarang. Penggunaan ganja, kokain, dan amfetamin bisa menjadi pemicu munculnya skizofrenia. Minum-minuman keras dan merokok juga bisa membatasi proses penyembuhan bagi penderita.

d. Keturunan
Beberapa keluarga ada yang beberapa anggotanya menderita skizofrenia sehingga menunjukkan adanya faktor genetis. Beberapa jenis gen diperkirakan membuat seseorang lebih mudah menderita gangguan mental seperti skizofrenia.

f. Penyebab lainnya
Penelitian yang dilakukan sejauh ini menunjukkan adanya kemungkinan penyebab lain dari skizofrenia. Misalnya saja kecelakaan yang menyebabkan perubahan fisik atau cidera pada otak yang mungkin berhubungan dengan skizofrenia, dan beberapa hal yang terjadi sebelum seseorang dilahirkan. Faktor lainnya yang juga mungkin turut berkontribusi misalnya virus, aktivitas hormonal, diet, reaksi alergi, atau infeksi.

Pengobatan/Perawatan Penderita Skizofrenia

pengobatan skizofrenia
Pengobatan Skizofrenia(sumber: mentalhealthtreatment.net)

Pengobatan untuk penderita Skizofrenia bisa dilakukan dengan beberapa metode, antara lain:

1. Pengobatan lewat berbicara
a. Cognitive behaviour therapy(CBT)
CBT merupakan pengobatan yang bertujuan mengidentifikasi hubungan antara pikiran, perasaan, dan perilaku, serta membantu mengembangkan skill praktik untuk mengatur pola pikir negatif atau perilaku yang menyebabkan kesulitan pada penderita.

b. Family intervention therapy
Jika penderita tinggal bersama keluarga atau memiliki keluarga dekat maka terapi yang melibatkan keluarga bisa membantu. Terapi ini mendorong anggota keluarga lainnya untuk mengembangkan komunikasi, problem solving, berbagi informasi dan coping skill bersama-sama. Ini bisa dilakukan secara bersama-sama atau satu orang – satu orang.

c. Perawatan lainnya
Pengobatan skizofrenia lainnya bisa berupa konseling atau dukungan psikoterapi dan training kemampuan sosial.

2. Obat-obatan medis
Dokter biasanya meresepkan obat-obatan medis tertentu pada penderita skizofrenia. Obat-obatan tersebut berupa obat antipsychotic yang dapat mengendalikan gejala positif seperti halusinasi dan delusi pada penderita.

3. Terapi seni
Terapi seni merupakan penggunaan seni seperti musik, melukis, menari, menyanyi atau drama untuk mengekspresikan dan mengerti diri sendiri. Ini dapat membantu seseorang jika merasa jauh dari perasaan diri sendiri atau kecewa pada suatu hal.


Disadur dari mind.org.uk.
Gangguan Mental: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Skizofrenia Gangguan Mental: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Skizofrenia Reviewed by Admin on 2:56:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.