10 Fakta Menarik tentang Orang Introvert


Kamu merasa suka sendirian? Tak suka berada di kerumunan orang banyak dan tak pandai bicara? Jika kamu merasa seperti itu, kamu sebenarnya tak sendirian. Di dunia ini ada banyak orang yang juga merasakan hal yang sama, meski tetap berbeda kadarnya.
sumber: iheartintelligence.com
Dilansir dari Psych2Go.net, berikut ini 10 fakta menarik tentang orang introvert:

1. Ada 4 jenis introvert

Introvert sendiri memiliki beberapa jenis antara lain:

a) Social: introvert jenis ini suka berada di rumah dengan buku atau komputer. Mereka lebih senang bersama teman dekat saja daripada pergi ke pesta.

b) Thinking: introvert dalam berpikir berarti mereka memiliki daya imajinasi yang tinggi. Mereka tak terlalu peduli berada di antara banyak orang atau tidak, namun senang berfantasi dengan kreativitas tinggi.

c) Anxious: anxious introvert senang sendirian karena mereka merasa aneh jika bersama orang banyak.

d) Restrained: restrained introvert memilih untuk berpikir terlebih dulu sebelum berbicara atau bertindak. Mereka cenderung lamban dalam menanggapi sesuatu.

2. Introvert bereaksi cepat pada informasi baru, namun lambat dalam beraksi

Orang introvert cepat bereaksi pada informasi baru namun mereka tidak cepat memberikan aksi pada informasi tersebut. Misalnya saat telepon berbunyi, mereka merasakan lebih cepat namun tidak cepat mengangkatnya.

3. Introvert tak suka mengobrol ringan

Introvert senang dengan hal yang autentik dan lebih suka pada obrolan yang dalam dan berarti. Mereka tidak suka ambil bagian dalam percakapan yang ringan.

4.Introvert butuh waktu sendirian

Introvert membutuhkan waktu untuk sendirian. Mereka memiliki respon yang berbeda dengan ekstrovert pada penghargaan seperti makanan, uang, seks, dan status sosial.

5. Introvert berkalkulasi akan risiko yang dipilih

Menurut penelitian, introvert memiliki dopamine yang sama dengan ekstrovert namun menggunakannya lebih sedikit. Dopamine merupakan sebuah neurotransmitter yang berhubungan dengan sensasi pencarian, risiko, dan petualangan baru.

6. Introvert merupakan pemikir yang dalam

Introvert menggunakan sedikit aktivitas dopamine, jadi mereka lebih sering menggunakan neurotransmitter yang disebut acetylcholine yang juga berhubungan dengan kebahagiaan. Bedanya, kebahagiaan tersebut berbalik ke dalam. Ini memungkinkan individu untuk merenungkan secara mendalam, dan fokus pada satu tugas dengan perhatian besar untuk periode waktu yang lama. Acetylcholine juga memengaruhi seseorang untuk memilih ketenangan daripada di tempat yang ramai dan padat.

7. Introvert lebih kreatif

Secara umum, kebanyakan seniman dan penulis yang introvert melakukan pekerjaan terbaik mereka saat mereka melakukannya sendirian.

8. Introvert senang dengan hujan

Hujan yang turun ke bumi memberikan efek yang menenangkan. Ini membantu orang introvert untuk merenung dan membantu menurunkan ekspektasi.

9. Berpura-pura menjadi ektrovert dapat berefek negatif

Orang introvert yang berpura-pura menjadi ektrovert bisa menurunkan performa mereka, misalnya pada melambatkan reaksi untuk tes kognitif.

10. Kebahagiaan bukan prioritas utama untuk para introvert

Ini mungkin terdengar aneh karena kita hidup di dunia yang selalu mencari kebahagiaan. Tapi menurut psikolog Maya Tamir dari Boston College, introvert memilih untuk menjaga emosi netral mereka saat mengerjakan tugas, tes, berbicara, atau berpikir rasional. Ini karena kebahagiaan yang membangkitkan emosi bisa menyebabkan introvert merasa terganggu saat mengerjakan sesuatu secara efisien.
10 Fakta Menarik tentang Orang Introvert  10 Fakta Menarik tentang Orang Introvert Reviewed by Admin on 20.11.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.