Gangguan Mental: Anxiety Disorder (Gangguan Kecemasan)

Tak sedikit orang yang merasakan kecemasan berlebihan terhadap suatu hal. Namun apakah kecemasan tersebut termasuk dari gangguan mental?

Mengenal Anxiety Disorder

gangguan kecemasan
sumber: thriveglobal.com

Anxiety disorder atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Gangguan Kecemasan merupakan salah satu gangguan mental yang penderitanya menderita kecemasan berlebihan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gangguan yang satu ini disebut sebagai salah satu yang paling banyak ditemui sebagai bentuk gangguan emosional dan dapat menyerang semua orang tak peduli tua atau muda. Menurut American Psychiatric Association, wanita lebih banyak menderita gangguan ini daripada pria.

Tipe Anxiety Disorder

Anxiety atau kecemasan merupakan kunci dari beberapa gangguan yang berbeda. Beberapa tipe dari gangguan ini antara lain:

a. Panic disorder: menderita serangan panik pada waktu yang tak terduga. Orang dengan gangguan ini dapat hidup dalam ketakutan karena serangan panik berikutnya.

b. Phobia: ketakutan berlebih atas obyek, situasi, atau aktivitas tertentu.

c. Social anxiety disorder: ketakutan ekstrem dihakimi oleh orang lain dalam situasi sosial.

d. Obsessive-compulsive disorder: pikiran tak rasional yang memicu melakukan tindakan tertentu berulang-ulang.

e. Separation anxiety disorder: ketakutan berlebih jauh dari rumah atau orang yang dicintai.

f. Illness anxiety disorder: kecemasan tentang kesehatan diri sendiri (sebelumnya disebut hypochondria)

g. Post-traumatic stress disorder (PTSD): kecemasan yang terjadi karena kejadian traumatis

Gejala Anxiety Disorder

Perasaan cemas yang diderita akan berbeda tiap penderita. Perasaan ini bisa berubah dari hanya kupu-kupu dalam perut sampai memicu detak jantung. Penderitanya dapat tidak bisa mengendalikan diri, seperti tidak ada koneksi antara pikiran dan tubuh.

Beberapa gejala gangguan kecemasan antara lain:

a. Detak jantung yang meningkat

b. Gangguan pernapasan

c. Merasa lelah

d. Sulit berkonsentrasi

e. Sulit tertidur

Penyebab Anxiety Disorder

Peneliti tidak mengetahui dengan jelas tentang penyebab khusus dari kecemasan. Namun ini seperti kombinasi faktor yang berperan dalam kejiwaan seseorang. Beberapa faktor penyebab gangguan kecemasan antara lain:

a. Obat-obatan/alkohol

b. Kondisi medis

c. Stress

d. Genetik/keturunan

e. Faktor lingkungan

Pengobatan untuk Anxiety Disorder

Sebelum melakukan pengobatan, maka perlu memeriksakan terlebih dahulu kepada dokter atau psikiater untuk memastikan diagnosanya. Pada beberapa orang pengobatan medis tidak diperlukan. Perubahan pada gaya hidup untuk sebagian orang akan cukup mengatasi gejala dari gangguan kecemasan.

Pengobatan untuk kecemasan dapat terbagi menjadi dua kategori yaitu psikoterapi dan medikasi. Menemui therapist atau psikolog dapat membantu untuk mengatasi gangguan ini.

Pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter biasanya berupa antidepressant dan sedatif. Obat-obatan tersebut bekerja untuk menyeimbangkan otak, mencegah serangan kecemasan dan menjaga gejalanya.


Sumber:

www.healthline.com/health/anxiety#treatment

en.wikipedia.org/wiki/Anxiety_disorder
Gangguan Mental: Anxiety Disorder (Gangguan Kecemasan)   Gangguan Mental: Anxiety Disorder (Gangguan Kecemasan) Reviewed by Admin on 7:19:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.