Pekerjaan yang Cocok bagi Tipe Kepribadian INFJ

Mari menyimak pekerjaan yang cocok bagi tipe kepribadian INFJ dengan pembagian karir berdasarkan Holland Career Code:

a. Realistic

Orang dengan ketertarikan dalam bidang Realistic menyukai kegiatan fisik yang melibatkan kecekatan tangan. Mereka senang bekerja dengan benda daripada dengan orang-orang. Peneliti menyebutkan tipe S,T, dan P lebih banyak tertarik pada pekerjaan ini daripada N, F, dan J. Orang dengan tipe kepribadian INFJ sendiri cenderung menghindari pekerjaan dalam bidang ini.

b. Investigative

Pekerjaan investigative meliputi penelitian, sains, dan pendidikan. Tipe investigatif senang bekerja dengan ide, teori, fakta, atau data. Sebagai tipe Fe, INFJ kurang tertarik dengan sains berat seperti fisika daripada sains sosial seperti psikologi, sosiologi, dan lain-lain. INFJ lebih tertarik pada kemanusiaan, filosofi, ilmu sosial, dan sejenisnya.

sumber: careerfaqs.com.au

c. Artistic

Artistic sangat berkorelasi dengan orang yang memiliki kepribadian Intuitive, Feeling, dan Perceiving. Pekerjaan dalam bidang ini misalnya meliputi aktor, pelukis, penari, penyair, penulis, dan lain-lain. INFJ umumnya tertarik dalam bidang ini. Meskipun mereka bukan seniman yang terbaik namun biasanya INFJ akan memilih belajar seni. INFJ cenderung lebih berbakat dalam penulisan non-fiksi, kritik, analisa, atau teori.

d. Social

Pekerjaan dalam bidang sosial cocok bagi yang senang bekerja dengan orang-orang. Contoh pekerjaan dalam bidang ini misalnya guru, pelatih, pengasuh, perawat, dan lain-lain. Bagi INFJ, mereka cenderung bisa masuk dalam bidang keagamaan, pendidikan, konseling, dan kesehatan/obat-obatan.

e. Enterprising

Enterprising merupakan bidang yang berkaitan dengan promosi produk, ide, atau jasa. Orang yang bekerja dalam bidang ini senang mempengaruhi dan kompetitif. Bidang Enterprising sendiri bukan pilihan utama untuk tipe kepribadian INFJ. Karir di bidang Enterprising yang lumayan cocok untuk INFJ yaitu jurnalis.

f. Conventional

Individu yang tertarik dalam pekerjaan Conventional senang melakukan kerja administratif. Orang dengan tipe kepribadian ISFJ lebih cocok untuk pekerjaan ini daripada INFJ. 

Contoh pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian INFJ: guru, dokter, praktisi kesehatan alternatif, psikolog, psikiater, konselor, pekerja sosial, musisi atau artis, dan fotografer. 

Sumber: personalityjunkie.com, personalitypage.com


Pekerjaan yang Cocok bagi Tipe Kepribadian INFJ Pekerjaan yang Cocok bagi Tipe Kepribadian INFJ Reviewed by Admin on 14.36.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.