Pekerjaan yang Cocok bagi Tipe Kepribadian INTP

Mari menyimak pekerjaan yang cocok bagi tipe kepribadian INTP dengan pembagian karir berdasarkan Holland Career Code:

a. Realistic

Individu dengan ketertarikan pada bidang Realistic menyukai kegiatan fisik, ketangkasan tangan, dan biasanya berhubungan dengan mesin. Realistic disebutkan senang bekerja dengan benda daripada dengan manusia. Orang dengan kepribadian INTP sendiri bisa tertarik pada beberapa jenis pekerjaan Realistic.

sumber: military.com


b. Investigative

Bidang Investigative merupakan salah satu pilihan utama dari INTP. Pekerjaan Investigative berhubungan dengan ide, teori, fakta, atau data. Orang yang senang dengan ilmu fisika dan matematika biasanya akan mengejar karir di bidang sains, teknologi, komputer, dan lain-lain. Cakupan ketertarikan INTP pada bidang ini mulai dari sains berat sampai ilmu sosial.

c. Artistic

Bidang Artistic berhubungan dengan Intuition (N), Feeling (F), dan Perceiving (P). Tak heran jika pilihan pekerjaan yang berhubungan dengan seni ini juga menjadi salah satu yang utama bagi INTP. Mereka bisa bekerja di bidang seni yang mengikutkan elemen Investigative, Realistic, dan Enterprising, jika tidak maka mereka bisa merasa kurang puas.

d. Social

Orang dengan ketertarikan pada pekerjaan Social senang bekerja dengan orang-orang. INTP yang memiliki fungsi inferior Extraverted Feeling (Fe) bisa menginspirasi mereka untuk mencari pekerjaan yang berorientasi pada manusia. Namun biasanya INTP akan mendapatkan kesulitan saat harus bekerja dengan orang-orang karena bisa merasa kelelahan dan frustasi.

e. Enterprising

Bidang Enterprising berhubungan dengan pengembangan dan promosi atas produk dan jasa. Individu Enterprising cenderung senang dengan lingkungan kompetitif. Sebagai introvert, INTP kurang menikmati penjualan. Mereka bisa saja menjadi entrepreneur dalam bisnis kecil, namun tetap kurang tertarik dalam mengatur orang lain.

f. Conventional

Kepribadian S, T, dan/atau J biasanya cocok dengan pekerjaan Conventional yang berhubungan dengan administrasi. INTP sendiri sebenarnya kompeten dalam pekerjaan ini namun mereka biasanya akan menghindari jenis pekerjaan dengan elemen Conventional yang berat. Mereka menghindari bidang ini karena tidak cukup memuaskan kebutuhan mereka atas pemikiran kreatif dan kritis.

Contoh pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian INTP: ilmuwan, ahli fisika, ahli kimia, fotografer, perencana strategis, profesor universitas, programmer komputer, penulis teknis, hakim, ahli forensik, dan lain-lain


Sumber: personalityjunkie.com, personalitypage.com


Pekerjaan yang Cocok bagi Tipe Kepribadian INTP Pekerjaan yang Cocok bagi Tipe Kepribadian INTP Reviewed by Admin on 08.28.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.