Tertarik Jadi Psikolog? Ini Cabang Psikologi yang Perlu Anda Tahu (Bagian 2)

Artikel lanjutan dari Tertarik Jadi Psikolog? Ini Cabang Psikologi yang Perlu Anda Tahu (Bagian 1).

foto: freepik

Berikut ini beberapa cabang psikologi yang bisa jadi panduan bagi yang ingin bekerja sebagai psikolog:

9. Psikologi Forensik

Psikologi Forensik bekerja di antara bidang hukum dan psikologi. Psikolog di bidang forensik sering melakukan evaluasi dan penelitian yang memandu proses hukum. Ini dapat mencakup evaluasi kompetensi terdakwa untuk diadili atau membantu melatih petugas polisi tentang cara menangani penjahat dan TKP dengan benar. Ada juga psikolog forensik yang bekerja dalam penilaian ancaman, berupa perkiraan ilmiah apakah seseorang akan menjadi ancaman di masa depan.

10. Psikologi kesehatan

Pada tahun 1977, George L. Engel mengembangkan model biopsychosocial, atau ide bahwa biologis, psikologis, dan faktor sosial berpengaruh pada penyakit. Seiring berjalannya waktu, ini menjadi model yang digunakan psikolog kesehatan untuk belajar bagaimana dan mengapa seseorang menjadi sakit. Psikolog di bidang ini membantu orang-orang untuk memilih bahwa ada dampak positif untuk kesehatan mereka, begitu juga keluarga dan komunitas. Pasien di bidang ini dari gangguan genetis sampai masalah kekerasan. Psikolog kesehatan juga membantu menyembuhkan penyakit psikosomatis, seperti makan emosional.

11. Psikologi faktor manusia

Psikolog faktor manusia menggunakan penelitian untuk meningkatkan transportasi, produk konsumen, telekomunikasi, teknologi, dan semuanya sistem yang membutuhkan interaksi manusia. Tujuannya yaitu untuk menciptakan sistem yang lebih aman dan lebih efektif dengan lebih memahami ekspektasi manusia dan bagaimana mereka berinteraksi dengan produk dan teknologi. Psikolog di bidang ini melakukan riset dan konsultasi dengan perusahaan bagaimana untuk membuat lingkungan kerja yang aman bagi karyawan.

12. Psikologi Organisasi – Industri

Industrial-Organizational Psychology atau I/O psychology melakukan studi bagaimana perilaku manusia berdampak pada industri dan organisasi. Bidang ini mengevaluasi situasi kerja dan mengembangkan rencana untuk performa yang optimal dan keseimbangkan kehidupan kerja bagi para karyawan. Psikolog I/O spesialis dalam mendesain dan mengeksekusi riset di tempat kerja dan melakukan studi teori penentuan kebijakan.

13. Psikologi kepribadian

Psikolog kepribadian bekerja untuk menjelaskan mengapa orang-orang menampilkan perilaku tertentu seperti agresi, dan studi tentang perbedaan antara gangguan. Psikolog di cabang ini mempelajari perbedaan individu dalam karakteristik kepribadian, seperti kesadaran, serta bagaimana karakteristik kepribadian berinteraksi untuk menciptakan kepribadian. Meskipun sebagian besar bekerja dalam penelitian, psikolog kepribadian dapat memberikan pengobatan kepada orang-orang dengan gangguan kepribadian

14. Psikologi sekolah

Menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan aman merupakan tujuan dari setiap psikolog sekolah. Psikolog di bidang ini fokus untuk membantu menemukan lingkungan terbaik untuk para siswa belajar begitu juga membantu guru atau murid menemukan tempat belajar yang optimal. Mereka mempelajari faktor sosial, perilaku, emosi, dan akademik untuk menemukan situasi terbaik bagi para murid. Mereka juga melakukan riset pada praktik kebijakan sekolah terbaik dan memberikan rekomendasi pada administrasi sekolah untuk mengadopsi.

15. Psikologi sosial

Psikolog sosial berusaha untuk memahami perilaku dan kepribadian individu dalam kontak sosial. Psikolog di bidang ini mempelajari faktor sosial yang mempengaruhi bagaimana orang bertindak dan kondisi saat tindakan tersebut terjadi. Kebanyakan psikolog sosial meneliti dan mengamati pengaruh sosial, proses kelompok, prasangka atau diskriminasi, dan stereotip. Psikolog di bidang sosial juga telah membantu pemahaman yang lebih baik tentang sikap orang, penyesuaian diri dengan kelompok, dan pengambilan keputusan sosial.

16. Psikologi olahraga

Psikolog olahraga membantu atlet mencapai performa yang optimal di lapangan. Psikolog dalam bidang ini mempelajari bagaimana olahraga dapt mempengaruhi psikologi manusia dan sebaliknya. Psikolog olahraga dapat bekerja dengan atlet, orang tua, pelatih, dan menangani cedera dan rehabilitasi, komunikasi positif, serta pembangunan tim.

Bidang yang bisa dimasuki seorang psikolog sangatlah luas. Mahasiswa psikologi atau yang ingin menjadi psikolog bisa sedari dini menentukan bidang mana yang ingin ditekuni lebih dalam.

Sumber: https://online.king.edu/news/major-branches-of-psychology-guide/


Tertarik Jadi Psikolog? Ini Cabang Psikologi yang Perlu Anda Tahu (Bagian 2) Tertarik Jadi Psikolog? Ini Cabang Psikologi yang Perlu Anda Tahu (Bagian 2) Reviewed by Admin on 12.00.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.