Tipe Kepribadian ESTJ

General Zod - ESTJ (Foto: Psychologyjunkie)

Pilihan Kepribadian ESTJ

Extraversion (E): ESTJ merupakan orang yang senang bersosialisasi dan memimpin orang lain.

Sensing (S): ESTJ senang berkonsentrasi pada fakta-fakta dibandingkan informasi abstrak.

Thinking (T): ESTJ mendasarkan pada informasi obyektif dan logis untuk membuat keputusan daripada perasaan personal

Judging (J): ESTJ senang mengendalikan dan mengatur, jadi mereka senang merencanakan segala sesuatunya dengan baik.

ESTJ hidup di dunia fakta dan kebutuhan yang nyata. Mereka hidup untuk saat ini dengan matanya selalu konstan melakukan scanning pada lingkungan personal sehingga meyakinkan bahwa semuanya akan berjalan lancar dan sistematik. Mereka menghargai tradisi dan hukum, dan memiliki standar kepercayaan yang jelas. Mereka berharap yang sama dengan lainnya dan tidak sabar atau tidak mengerti pada pribadi yang tidak menghargai sistem tersebut. Mereka menghargai kompetensi dan efisiensi dan senang untuk melihat hasil cepat dari usaha mereka.

ESTJ memiliki visi kemana sesuatu harusnya berada, mereka juga secara alami berperan sebagai pemimpin. Mereka adalah orang yang percaya diri dan agresif. Mereka sangat berbakat dalam merencanakan sistem dan apa yang harus dilakukan. Mereka dapat menjadi sangat membutuhkan dan kritis karena mereka memiliki kepercayaan yang kuat. Ekspresi mereka bisa bermanfaat karena ESTJ biasanya jujur dan berbicara langsung jika ada sesuatu yang menurutnya salah atau kurang tepat.

Orang ESTJ biasanya menjadi panutan masyarakat, pilar dari komunitas. Mereka memiliki komitmen yang kuat dan mengikuti standar mereka sendiri tentang “good citizenship.” ESTJ senang berinteraksi dengan orang lain dan bersenang-senang. ESTJ bisa menjadi sangat ramai dan bersenang-senang dalam acara sosial, terutama aktivitas yang fokus pada keluarga, komunitas, atau pekerjaan.

ESTJ perlu memperhatikan kecenderungan mereka yang akan menjadi terlalu kaku dan berorientasi pada detail. Sangat penting agar orang ESTJ juga mengingat bahwa orang lain juga memliki pendapat dan pandangan yang berbeda. Jika orang ESTJ menolak sisi Feeling mereka, maka mereka akan memiliki masalah dengan orang lain dan mungkin tidak akan tahu bahwa mereka menyakiti perasaan orang lain dengan hanya berdasar pada logika dan alasan suatu hal.

Ciri-Ciri Tipe Kepribadian ESTJ

1. Pemimpin alami

2. Menghargai keamanan dan tradisi

3. Loyal

4. Pekerja keras dan dapat digantungkan

5. Atletis

6. Memiliki standar dan kepercayaan yang jelas untuk kehidupan mereka

7. Tidak sabaran dengan incompetence atau inefficiency

8. Memiliki kemampuan organisasi yang bagus

9. Senang menyusun order dan struktur

10. Jujur dan langsung

11. Mengikuti proyek untuk menyelesaikannya

12. Tergerak untuk memenuhi tugas mereka

Baca Juga: Tipe Kepribadian ESTJ dalam Hubungan Percintaan

Kekuatan dan Kelemahan ESTJ

Kekuatan yang dimiliki oleh orang yang memiliki kepribadian ESTJ antara lain:

1. Berdedikasi

Orang ESTJ akan berdedikasi pada pekerjaan dan tanggung jawab mereka. Pekerjaan atau tugas tidak akan dengan mudah diabaikan hanya karena mereka bosan atau pekerjaan tersebut sulit. Orang dengan kepribadian ESTJ akan menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik selama pekerjaan tersebut merupakan hal yang menurut mereka hal yang baik dilakukan.

2. Keinginan yang kuat

ESTJ memiliki keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan atau mempertahankan ide yang mereka miliki. Mereka akan mempertahankan ide dan kepercayaan yang mereka miliki sehingga sulit untuk digoyahkan sampai ada yang benar-benar bisa memberikan penjelasan yang jelas dan logis jika memang ide tersebut salah.

3. Langsung dan jujur

ESTJ mempercayai fakta lebih besar dari pada ide abstrak atau opini orang lain. Pernyataan yang langsung dan informatif adalah kebiasaan mereka dan kepribadian ESTJ cenderung jujur apakah itu diinginkan atau tidak.

4. Loyal, sabar dan dapat diandalkan

ESTJ merupakan orang yang saat bekerja dapat dipercaya atau diandalkan karena kestabilan dan keamanan sangat penting bagi mereka. Saat ESTJ mengatakan mereka akan melakukan sesuatu, mereka akan memegang teguh hal tersebut dan menjadikan mereka orang yang bertanggung jawab baik itu di keluarga, perusahaan, dan komunitas.

5. Senang membuat aturan

ESTJ tidak menyukai hal-hal yang berantakan dan mengancam keamanan mereka. Mereka akan mecoba untuk membuat tata tertib pada lingkungan mereka dengan mengembangkan peraturan, struktur, dan peran yang jelas.

6. Senang mengorganisir

Kepribadian ESTJ membuatnya menjadi orang yang mampu dipercaya saat menjadi pimpinan. Orang dengan kepribadian ESTJ tidak memiliki masalah saat harus mendistribusikan pekerjaan dan tanggung jawab pada orang lain secara fair dan obyektif, membuat mereka menjadi administrator handal.

Kelemahan-kelemahan yang dimiliki orang yang berkepribadian ESTJ antara lain:

1. Tidak fleksibel dan keras kepala

ESTJ akan mendapatkan masalah jika mereka terlalu kaku pada apa yang dikerjakan sehingga ESTJ kadang meninggalkan cara lain yang mungkin akan bekerja lebih baik. Mereka tidak mudah percaya dengan opini dari orang lain sampai opini tersebut dapat dibuktikan kebenarannya.

2. Membuat situasi dan keadaan yang tidak nyaman

ESTJ sangat memegang teguh tradisi sehingga sering mendorong solusi yang tidak teruji, mereka akan menjadi tidak nyaman dan tertekan. Adanya ide baru yang menyatakan bahwa metode mereka kurang bagus dan mencegah apa yang biasanya mereka kerjakan akan membuat mereka menjadi bimbang dengan risiko imej yang akan terjadi.

3. Sering menghakimi

ESTJ memiliki pendirian kuat tentang apa yang benar, salah, dan diterima di masyarakat. ESTJ akan memaksa untuk menciptakan tata tertib yang kadang melebar ke semua hal dan semua orang. Mereka menjadi tidak mempedulikan kemungkinan ada dua kebenaran yang bisa dilakukan.

4. Terlalu fokus pada status sosial

ESTJ sangat peduli dengan imej mereka di depan teman mereka, kolega, dan komunitas. ESTJ terutama yang bergejolak akan mencoba untuk terlihat baik sesuai dengan harapan orang lain namun mereka bisa gagal dalam memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

5. Sulit untuk santai

ESTJ sulit untuk dapat bersantai karena mereka selalu mencoba untuk memenuhi gengsi mereka. Mereka menjadi terlalu sibuk untuk sekedar bersantai.

6. Sulit untuk mengekspresikan emosi

Kelemahan terbesar dari ESTJ adalah sulit mengekspresikan emosi dan merasakan empati. Orang dengan kepribadian ESTJ akan mencari fakta dan metode yang efektif sampai mereka melupakan kebahagiaan orang lain dan perasaan orang lain. Kebahagiaan keluarga mungkin bisa menyentuh mereka namun biasanya akan datang terlambat dan mereka akan lebih sering menyakiti perasaan orang lain.
Tipe Kepribadian ESTJ Tipe Kepribadian ESTJ Reviewed by Unknown on 21.08.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.