Gangguan Kepribadian: AvDP (Avoidant Personality Disorder)

Gangguan Kepribadian AvDP

Avoidant Personality Disorder (AvDP) yang juga dikenal sebagai anxious personality disorder merupakan gangguan kepribadian yang berdampak pada perilaku menolak orang lain, perasaan kurang dan inferior, terlalu sensitif pada evaluasi negatif, dan penghindaran interaksi sosial meskipun ada hasrat kuat untuk dekat dengan orang lain. Orang yang menderita gangguan ini akan merasa dirinya mudah cemas, tidak mudah bergaul, sendirian, dan terisolasi dengan yang lain. Perilaku yang muncul biasanya terjadi pada awal masa dewasa dan terjadi dalam berbagai situasi.

Penderita AvDP sering memilih pekerjaan yang terisolasi sehingga mereka tidak perlu berinteraksi dengan orang lain secara regular. Ini dikarenakan perasaan cemas dan takut atau malu pada diri mereka saat berhadapan dengan orang lain. Beberapa perilaku lainnya yaitu adanya fantasi tentang gambaran ideal, penerimaan, dan hubungan kasih sayang, karena hasrat yang mereka miliki. Mereka sering merasa diri mereka tidak layak akan hubungan yang mereka inginkan.

Beberapa perilaku dari penderita gangguan kepribadian AvDP antara lain:

1. Hipersensitif atas penolakan atau kritik

2. Mengisolasi diri sendiri

3. Malu atau cemas berlebihan di depan orang lain

4. Menghindari kontak fisik karena itu berhubungan dengan stimulus rasa sakit atau tidak nyaman

5. Merasakan kekurangan

6. Harga diri yang menurun

7. Membenci diri sendiri

8. Tidak percaya pada orang lain

9. Tingginya tingkat sadar diri, merasa dilihat orang lain

10. Kritis terhadap diri sendiri

11. Merasa kesepian walaupun orang lain merasa berhubungan dengan mereka

12. Merasa inferior terhadap orang lain

13. Di beberapa kasus, menderita agoraphobia juga

14. Menggunakan fantasi sebagai bentuk pelarian

Penyebab AvDP tidak didefinisikan secara jelas dan mungkin disebabkan oleh kombinasi faktor sosial, genetis, dan psikologis. Gangguan ini mungkin juga berhubungan dengan faktor temperamen yang diturunkan. Pengalaman masa kecil seperti diabaikan atau ditolak dari kelompok/masyarakat tertentu juga meningkatkan risiko berkembangnya gangguan kepribadian AvDP.

Penyembuhan AvDP dapat melalui beragam teknik seperti training keahlian sosial, terapi kognitif, dan kadang terapi obat. Kunci dari penyembuhan yang dilakukan yaitu untuk membuat mereka percaya pada si penyembuh. Mereka juga dilatih untuk menghilangkan perasaan negatif pada diri mereka sendiri.

Gangguan Kepribadian: AvDP (Avoidant Personality Disorder) Gangguan Kepribadian: AvDP (Avoidant Personality Disorder) Reviewed by Unknown on 9:48:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.