Kenali Gangguan Kepribadian dan Penyebabnya

Gangguan Kepribadian (Foto: Natreatment)

Apa itu gangguan kepribadian?

Gangguan kepribadian atau personality disorder merupakan gangguan yang berhubungan dengan kepribadian seseorang. Keadaan ini tidak disamakan dengan gangguan kesehatan mental, dan merupakan hasil dari kepribadian yang tidak seimbang. Seseorang bisa terdiagnosa mengidap gangguan kepribadian jika pola perilaku, mood, interaksi sosial, atau emosi yang dimiliki menyebabkan masalah pada pribadi seseorang dan kehidupan sekitarnya.

Secara umum, seseorang dengan gangguan kepribadian akan kesulitan untuk memiliki hubungan yang berkelanjutan. Mereka kemungkinan memiliki masalah interpersonal atau sulit mengembangkan sense identitas yang koheren. Orang lain akan melihat mereka sebagai orang yang mungkin penakut, pemarah, manipulatif, rapuh, ataupun kasar.

Apa saja penyebab gangguan kepribadian?

Penyebab dari gangguan kepribadian masih tidak jelas. Ini cenderung disebabkan oleh kombinasi faktor yang akan berbeda antara satu orang dengan yang lain. Sering ditemukan bahwa orang dengan gangguan kepribadian memiliki pengalaman kekerasan fisik atau kekerasan seksual saat masih kecil.

Masa kanak-kanak merupakan masa saat anak-anak belajar tentang hubungan dengan orang lain, dan bagaimana mengembangkan hubungan mereka misalnya dengan orang tua. Anak-anak belajar keahlian sosial dan rasa pada diri mereka. Mereka juga belajar bagaimana untuk mengatur emosi, saat senang, marah, ataupun sedih. Orang tua dan perawat saat kecil memiliki peran penting dalam membantu anak-anak mengerti mengenai emosi dan bagaimana untuk mengendalikannya.

Anak-anak yang mengalami kekerasan atau terabaikan dapat kesulitan dalam proses pengembangan emosi di kemudian hari. Masalah tersebut cenderung menjadi faktor umum yang menyebabkan gangguan kepribadian, meskipun mungkin ada faktor-faktor lain yang juga ikut berkontribusi.

Macam-Macam Gangguan Kepribadian:

1. Antisocial Personality Disorder (ASPD)

2. Avoidant (Anxious) Personality Disorder

3. Borderline Personality Disorder (BPD)

4. Dependent Personality Disorder

5. Histrionic Personality Disorder

6. Narcissistic Personality Disorder

7. Obsessive-compulsive Personality Disorder

8. Paranoid Personality Disorder

9. Schizoid Personality Disorder

10. Schizotypal Personality Disorder

Macam-macam gangguan kepribadian akan dijelaskan lebih lanjut pada artikel tersendiri.
Kenali Gangguan Kepribadian dan Penyebabnya  Kenali Gangguan Kepribadian dan Penyebabnya Reviewed by Unknown on 19.19.00 Rating: 5

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pengembangan. Pengembangan berbagai aspek merupakan suatu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari untuk memenuhi kebutuhan pengembangan diri dalam kehidupan sehari-hari. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai pengembangan segala bidang yang dapat dilihat di Pengembangan

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.