Gangguan Kepribadian: Schizoid Personality Disorder


Pengertian Schizoid Personality Disorder
Foto: dz9yg0snnohlc.cloudfront.net
Schizoid Personality Disorder adalah gangguan kepribadian berupa memiliki pola pikir dan tingkah laku berbeda dari kebiasaan masyarakat. Fleksibilitas yang tidak dimiliki oleh penderita bisa menyebabkan distress dan dapat mengganggu kehidupan mereka termasuk hubungan sosial dan pekerjaan. Penderita juga biasanya memiliki kemampuan mengatasi masalah yang buruk serta sulit membentuk hubungan yang sehat.

Mereka tak seperti orang yang memiliki gangguan kecemasan yang mengetahui bahwa mereka memiliki masalah tersebut tapi tak bisa mengendalikan. Orang-orang yang memiliki gangguan kepribadian ini sering tidak peduli bahwa mereka memiliki masalah dan tidak percaya bahwa mereka memiliki hal yang harusnya dikendalikan.

Schizoid Personality Disorder merupakan salah satu dari kondisi yang disebut “Cluster A” atau gangguan kepribadian eksentrik. Mereka sering tampil aneh atau tak biasa. Mereka cenderung menjauh dan tak memiliki hubungan sosial. Penderita merupakan penyendiri yang lebih memilih aktivitas tersendiri dan jarang mengekspresikan emosi yang kuat.

Gangguan kepribadian ini tak sama dengan schizophrenia, mereka masih bisa beraktivitas dengan baik meskipun lebih memilih sendiri. Penderita kemungkinan memiliki pekerjaan seperti petugas keamanan di malam hari, petugas perpustakaan, atau pekerja laboratorium.

Ciri-Ciri Penderita Schizoid Personality Disorder

Beberapa ciri-ciri penderita Schizoid Personality Disorder antara lain:

a. Mereka tidak nyaman memiliki hubungan dekat bahkan dengan anggota kelaurga

b. Mereka memilih pekerjaan dan aktivitas yang menyendiri

c. Memiliki kepercayaan, pemikiran, dan pembicaraan yang aneh

d. Mereka tidak memiliki teman dekat, kecuali saudara kandung

e. Mereka tidak menyukai pujian atau kritik

f. Mereka menyendiri dan menunjukkan sedikit emosi

g. Mereka mungkin akan menciptakan fantasi yang kompleks

Penyebab, Diagnosa, dan Penyembuhan


Foto: epharmapedia.com

Faktor genetik dan lingkungan diperkirakan berperan dalam pengembangan gangguan kepribadian ini. Beberapa ahli kesehatan mental berspekulasi bahwa masa kecil yang kurang hangat berkontribusi pada pengembangan gangguan ini. Risiko menjadi lebih tinggi jika ada keluarga yang memiliki gangguan schizophrenia.

Dokter biasanya melakukan evaluasi riwayat medis serta tes beragam dengan memperhatikan gejala atau ciri-ciri penderita. Jika dokter tak menemukan alasan fisik dari ciri-ciri tersebut maka mereka akan menyarankan untuk pergi ke psikiater atau psikolog.

Penyembuhan biasanya difokuskan pada peningkatan kemampuan mengatasi masalah, interaksi sosial, komunikasi, dan harga diri. Obat-obatan medis biasanya tidak digunakan untuk gangguan kepribadian ini. Namun obat bisa diresepkan jika penderita juga mengalami masalah lain seperti depresi.

Sumber: Webmd.com
Gangguan Kepribadian: Schizoid Personality Disorder Gangguan Kepribadian: Schizoid Personality Disorder Reviewed by Unknown on 4:43:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.