Pekerjaan yang Cocok Bagi Tipe Kepribadian ISFJ dan ESFJ

Mari menyimak pekerjaan yang cocok bagi tipe kepribadian ISFJ dan ESFJ dengan pembagian karir berdasarkan Holland Career Interest:

a. Realistic (kurang diminati)

Pekerjaan realistik membutuhkan keterampilan tangan. Beberapa jenis pekerjaan dengan tipe ini misalnya konstruksi, bengkel, pertanian, kehutanan, dan operasi mesin. Orang dengan kecenderungan Realistic biasanya memiliki kepribadian Thinking (Ti) dan Sensing(Se). Tipe kepribadian xSFJ seperti ISFJ dan ESFJ biasanya tidak tertarik dengan jenis pekerjaan ini.

b. Investigative (tidak direkomendasikan)

Investigative termasuk jenis karir yang berhubungan dengan sains, penelitian, hukum, obat-obatan, dan pendidikan. Bidang ini cocok dengan pemilik tipe kepribadian Thinking dan Intuition. Karir investigative tidak direkomendasikan untuk ISFJ dan ESFJ.

c. Artistic (tidak kuat)

Bidang artistik meliputi pekerjaan kreatif seperti menulis, musik, film, puisi, dan sastra. Bidang yang satu ini bisa diasosiasikan dengan Intuition, Feeling, dan Perceiving. Sementara orang dengan kepribadian xSFJ bisa menjadi kreatif namun karir di bidang Artistic bukanlah yang terkuat untuk mereka.

d. Social (cocok)

guru
sumber: weareteachers.com

Bidang sosial sangat cocok bagi tipe kepribadian ESFJ maupun ISFJ. Pekerjaan di bidang sosial ini bisa meliputi guru, pekerja kesehatan, pelatih, pengasuh, pelayan, dan lain-lain

e. Enterprising

Bidang Enterprising meliputi promosi produk, ide, atau jasa. Karir di bidang ini meliputi pekerjaan di bidang penjualan, pemasaran, asuransi, hukum, politik, jurnalisme, stock trading, dan lain-lain. ESFJ secara umum merupakan pekerja penjualan yang alami. Mereka suka berbicara, berhubungan, dan bertemu dengan orang-orang. Sementara itu ISFJ bisa merasa malu saat bekerja di bidang ini.

f. Conventional (bukan ideal)

Orang yang tertarik pada pekerjaan Conventional senang dengan pekerjaan administratif. Mereka terorganisir, berorientasi pada detail, dan bagus dalam mengatur data. Pekerjaan Conventional misalnya akuntan, sekretaris, banking, proofreading, dan penulis teknis. Orang yang tertarik dalam bidang ini biasanya memiliki kepribadian Sensing(Si), Thinking (Te), dan/atau Judging. ESFJ bisa saja kompeten dalam pekerjaan ini namun idealnya bukan pekerjaan utama. Pekerjaan ini juga tidak ideal untuk ISFJ, namun bisa menjadi salah satu pilihan.

Pekerjaan yang cocok untuk ESFJ : perawat, guru, administrator, pengasuh anah, dokter, manajer, konselor, pekerja sosial, bookkeeper, akuntan, asisten administratif

Pekerjaan yang cocok untuk ISFJ: dekorator interior, desainer, pemadam kebakaran, perawat, manajer bisnis, asisten administratif, pengasuh anak, pekerja sosial, konselor, pendeta/pastor, pekerja gereja, penjaga toko


Sumber: personalityjunkie.com, personalitypage.com


Pekerjaan yang Cocok Bagi Tipe Kepribadian ISFJ dan ESFJ Pekerjaan yang Cocok Bagi Tipe Kepribadian ISFJ dan ESFJ Reviewed by Admin on 09.49.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.