Pekerjaan yang Cocok bagi Tipe Kepribadian ENFJ

Mari menyimak pekerjaan yang cocok bagi tipe kepribadian ENFJ dengan pembagian karir berdasarkan Holland Career Code:

a. Realistic

Individu dengan ketertarikan pada karir Realistic menyukai pekerjaan fisik dan sering berhubungan dengan mesin. Peneliti menyebut bahwa kepribadian S,T, dan P lebih tertarik pada jenis pekerjaan ini daripada N, F, dan J. Bagi ENFJ, pekerjaan dalam bidang ini biasanya akan dihindari. 

b. Investigative

Bidang Investigative berkaitan dengan ketertarikan pada analisa, sains, dan akademik. Orang dengan kepribadian Thinker cenderung lebih banyak dalam bidang ini daripada Feelers. ENFJ dengan ketertarikan investigatif merasa bahwa sains berat tidak terhubung dengan dunia orang-orang. Mereka akan lebih memilih ilmu sosial seperti psikologi, sosiologi, geografi, ilmu politik, dan lain-lain.

c. Artistic

Seperti ENFP dan INFJ, ENFJ juga memiliki ketertarikan yang kuat pada bidang Artistic. Meskipun jika mereka bukan seniman yang terbaik, ENFJ bisa mencintai seni dan budaya. Mereka senang dengan musik klasik, opera, dan bentuk budaya tinggi lainya. ENFJ bisa tertarik pada karir yang berhubungan dengan kemanusiaan seperti sejarah seni, sastra, bahasa, agama, dan lain-lain. Selain itu ENFJ juga bisa menikmati pekerjaan Artistic lainnya seperti aktor, pesulap, pelukis, desain grafis, penulis, dan kurator.

d. Social

Berdasarkan fungsi dominan mereka, karir dalam bidang Social direkomendasikan untuk kepribadian ENFJ dan ESFJ. ENFJ menikmati karir Social seperti mengajar, konseling, psikologi, dan keagamaan. Orang dengan kepribadian ENFJ biasanya pandai berbicara dan sangat perhatian. Sebagian ENFJ mungkin akan tertarik pada bidang kesehatan. 

sumber: findafacilitator.com

e. Enterprising

Secara umum, karir dalam bidang Enterprising lebih cocok bagi tipe Sensing daripada Intuitive. Sementara itu ENFJ dapat bekerja dengan baik dalam bidang penjualan dan pemasaran. ENFJ cenderung menjadi orator dan pembicara publik yang kuat. Di bidang ini, ENFJ cocok bekerja sebagai pembicara motivasi, PR, jurnalis, politisi, konsultan, dan psikolog organisasi.

f. Conventional

Pribadi dengan ketertarikan pada karir Conventional menikmati pekerjaan administratif. Mereka terorganisir dan berorientasi pada detail. Pekerjaan jenis ini cocok dengan kepribadian S, T, dan J. ENFJ sendiri tidak menjadikan pekerjaan Conventional sebagai pilihan utama.

Contoh pekerjaan yang cocok bagi ENFJ: fasilitator, konsultan, psikolog, pekerja sosial, guru, politisi, diplomat, penulis, manajer SDM, dan  perwakilan penjualan.


Sumber: personalityjunkie.com, personalitypage.com


Pekerjaan yang Cocok bagi Tipe Kepribadian ENFJ Pekerjaan yang Cocok bagi Tipe Kepribadian ENFJ Reviewed by Admin on 08.24.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.