Resolusi yang Harus Dibuat oleh Para Introvert di Tahun 2021 (Tipe Kepribadian MBTI)

Para introvert dengan kepribadian yang dimiliki juga memerlukan resolusi untuk tahun baru. Meskipun kadang tahun baru dianggap sama saja seperti waktu lainnya namun ini bisa jadi waktu untuk memperbaiki diri. Fokus pada pertumbuhan dan pengembangan diri perlu dibuat oleh setiap kepribadian, begitu juga para introvert. Dilansir dari introvertdear.com, berikut ini rekomendasi resolusi yang harus dilakukan setiap jenis kepribadian introvert:

Image by Jose Antonio Alba from Pixabay


1. 
ISTJ : Saya memutuskan untuk berhenti mengambil waktu longgar orang lain


ISTJ dikenal sebagai orang yang memiliki etos kerja yang kuat. Mereka menyelesaikan banyak hal baik di rumah atau di tempat kerja. Masalahnya, kebanyakan orang tidak bekerja sekeras ISTJ. Mereka kadang senang hati mengambil tanggung jawab dari orang lain. Hal tersebut tidak perlu dilakukan agar diri sendiri juga memiliki waklu luang.

2. ISFJ : Saya memutuskan untuk melihat kebutuhan dan hasrat saya sebagai sesuatu yang valid bukan sebagai beban atau ketidaknyamanan bagi orang lain

ISFJ memiliki sifat yang senang mengasuh orang lain. Hal tersebut kadang membuat mereka tidak memperhatikan kebutuhan untuk diri sendiri. Meskipun mengutamakan orang lain adalah hal yang baik namun itu tidak harus selalu dilakukan.

3. ISTP : Saya memutuskan untuk membagikan perasaan saya dengan orang terdekat

ISTP merupakan pribadi yang hidup pada saat ini. Mereka kadang cukup pemberontak dan tidak seperti introver lainnya yang dapat melamun sepanjang hari. Untuk masalah emosi, ISTP cenderung menyembunyikan dan menjaganya karena merasa itu hal personal. Itulah mengapa mereka kadang tampak jauh atau dingin. Oleh karena itu tak ada salahnya sesekali membagikan perasaan pada orang lain.

4. ISFP : Saya memutuskan untuk percaya bahwa diri saya merupakan sosok yang sangat kreatif dan memiliki bakat artistik spesial

ISFP merupakan seorang seniman yang hebat. Mereka mencintai keindahan dan desain. Serupa dengan INFP, ISFP berjuang melawan keraguan diri yang melemahkannya, karena cara mereka yang unik dalam memandang dunia. Penting bagi mereka untuk mengenali keindahan yang mereka mampu dan memelihara kecerdasan kreatif. ISFP harus memutuskan untuk memberikan keahliannya yang layak, misalnya dengan mendaftar ke kelas produksi audio atau melangkah ke mikrofon.

5. INTJ : Saya memutuskan untuk membahagiakan diri sendiri saat membuat rencana

INTJ dijuluki sebagai Mastermind dan Arsitek, dan sering kali 10 langkah di depan orang lain. Berorientasi pada masa depan, mereka memiliki visi untuk segalanya. Namun mereka juga merasa gelisah ketika kekurangan proyek atau pekerjaan. Fokus pada penetapan dan pencapaian, INTJ sering lupa mempertimbangkan satu hal yaitu kebahagiaan mereka sendiri.

6. INFJ : Saya memutuskan untuk membagikan apa yang ada di dalam hati dan pikiran, bahkan saat saya pikir orang lain tidak mengerti


INFJ bisa menjadi mahkluk misterius, bahkan bagi yang paling mengenal mereka. Pribadi dan sifatnya sering kontradiktif, INFJ adalah introvert yang benci sorotan namun mencintai orang-orang. INFJ sering menemukan diri mereka berjuang untuk membagikan pemikiran dan emosi pribadi mereka. Saat INFJ memilih untuk menurunkan topeng dan membiarkan orang lain masuk pada pikiran dan perasaan mereka, maka mungkin tak semua orang bisa sepenuhnya mengerti, namun ada lebih banyak kesamaan daripada yang mereka kira.

7. INTP : Saya memutuskan untuk mendengarkan orang lain dengan pikiran terbuka, bahkan jika itu tidak sesuai dengan logika

INTP merupakan pribadi yang sangat logis dan sangat ingin tahu. Meskipun diam-diam memberontak, INTP biasanya cukup lemah lembut dengan rasa ingin tahu yang dalam. Namun mereka berjuang untuk memahami dan mengekspresikan emosi mereka sendiri karena terlalu mendukung logika. INTP harus bisa mendengarkan orang lain dengan pikiran terbuka terutama dalam hubungan pribadi.

8. INFP : Saya memutuskan berhenti bersikap keras pada diri sendiri saat tidak sesuai dengan kondisi ideal yang diharapkan


Idealis dan selalu optimis, INFP melihat bagaimana dunia bisa lebih baik lagi. Mereka melihat kebaikan pada orang lain dan pengertian bahkan pada karakter yang paling tidak disukai. INFP terkenal kreatif, berjiwa bebas, dan unik. Namun INFP yang mampu pengertian pada orang lain kadang sering lalai memberikannya pada diri mereka sendiri. Mereka kadang menyalahkan diri sendiri dan putus asa saat hidup tidak mencerminkan lamunan mereka. INFP harus dapat membiarkan diri mereka cinta dan pengertian yang sama yang mereka berikan pada orang lain.

Sumber:

https://introvertdear.com/news/new-years-resolutions-introverted-myers-briggs-personality-types/

Resolusi yang Harus Dibuat oleh Para Introvert di Tahun 2021 (Tipe Kepribadian MBTI) Resolusi yang Harus Dibuat oleh Para Introvert di Tahun 2021 (Tipe Kepribadian MBTI) Reviewed by Admin on 07.00.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.