Sulit Tidur? Ini 7 Tips Mengatasi Gangguan Tidur Insomnia

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia. Sayangnya sebagian orang mengalami kesulitan untuk tidur atau insomnia. Kebanyakan kasus insomnia berhubungan dengan kebiasaan tidur yang buruk, depresi, kecemasan, kurang olahraga, penyakit kronis, atau pengobatan tertentu. Menggunakan obat medis untuk insomnia tidak disarankan dipakai dalam jangka waktu yang lama. Namun ada berbagai cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi insomnia:

foto: freepik


1. Bangun di waktu yang sama setiap hari

Saat weekend atau liburan tak jarang seseorang memilih bangun lebih siang. Hal tersebut seharusnya tidak dilakukan terutama jika memiliki masalah tidur yang buruk atau insomnia. Coba untuk bangun tidur dengan waktu yang sama setiap hari untuk melatih tubuh agar bisa bangun di waktu yang konsisten.

2. Mengurangi stimulan seperti nikotin dan kafein

Efek dari kafein dapat bertahan selama beberapa jam jadi ini bisa berdampak pada waktu tidur. Hindari untuk minum kopi pada malam hari karena bisa mengganggu waktu tidur dan memicu bangun di malam hari. Alkohol juga memiliki efek sedatif selama beberapa jam setelah dikonsumsi sehingga dapat mengganggu kenyamanan tidur. Beberapa obat juga bekerja sebagai stimulan sehingga perlu ditanyakan pada dokter tentang efek sampingnya.

3. Kurangi waktu istirahat di siang hari

Masalah tidur di malam hari kadang bisa terjadi karena seseorang sudah terlalu banyak beristirahat di siang harinya. Ada baiknya tetap aktif di siang hari sehingga bisa beristirahat dengan baik di malam hari. Pola tidur yang konsisten akan membantu mengatasi masalah insomnia.

4. Olahraga secara rutin

Olahraga rutin dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur. Namun olahraga sebelum waktu tidur malah bisa berdampak kurang baik sehingga perlu dihindari. Coba akhiri waktu olahraga sekitar tiga jam sebelum waktu tdiur.

5. Tidak makan atau minum sebelum pergi tidur

Sebelum tidur sebaiknya tidak makan atau minum karena ini dapat mengaktifkan sistem pencernaan sehingga membuat tetap terjaga. Sebaiknya makan malam dilakukan beberapa jam sebelum waktu tidur.

6. Mengurangi aktivitas di atas tempat tidur

Tempat tidur seharusnya digunakan untuk tidur, bukan untuk belajar, bermain, atau kegiatan lainnya. Aktivitas tersebut bisa meningkatkan kesadaraan dan membuat sulit untuk tidur. Saat akan tidur hentikan kegiatan lainnya di tempat tidur.

7. Melakukan terapi kognitif

Masalah insomnia dapat dibantu dengan melakukan cognitive behavioral therapy for insomnia atau CBT-I. Ini bisa membantu mengendalikan atau mengurangi pikiran negatif yang membuat tetap terjaga. Beberapa teknik terapi yang dilakukan misalnya terapi stimulus, relaksasi, batasan tidur, terapi cahaya, dan lain-lain.

Sumber: mayoclinic.org, webmd.com


Sulit Tidur? Ini 7 Tips Mengatasi Gangguan Tidur Insomnia  Sulit Tidur? Ini 7 Tips Mengatasi Gangguan Tidur Insomnia Reviewed by Admin on 06.36.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.